Selasa, 30/04/2024 - 02:23 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Skema Pemecah Kepadatan Kendaraan Tol Purbaleunyi pada Arus Balik Lebaran Disiapkan

ADVERTISEMENTS

 BANDUNG — Pihak kepolisian menyiapkan skema pengaturan lalu lintas untuk memecah kepadatan volume kendaraan di ruas Tol Cikopo-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) pada arus balik ini, di segmen daerah Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Kasat Lantas Polres Cimahi AKP Adhi Prasidya Danahiswara mengatakan salah satu skema yang akan dijalankan adalah memaksimalkan Gerbang Tol Cikamuning sebagai pintu keluar pembuangan untuk mengurai kepadatan volume kendaraan dari arah Cileunyi atau Bandung ke Jakarta, dengan mempertimbangkan volume kendaraan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Untuk skema kalau masih terjadi kepadatan, kendaraan kita kuras keluar di GT Cikamuning lalu mengarah ke jalur arteri,” kata Adhi di Rest Area KM 125, Tol Padaleunyi.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Kendaraan arah Jakarta yang keluar melalui Cikamuning, nantinya akan melintas di jalur arteri melalui Jalan Raya Padalarang-Purwakarta.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Cara Menghindari Keracunan Makanan Saat Periode Liburan

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Kendaraan arah Jakarta bisa masuk lagi jalur tol lewat GT Cikopo setelah lewat jalur arteri,” ujar Adhi.

Dari hasil analisis yang dilakukan, puncak arus balik akan terjadi pada hari Ahad ini mulai sejak sore hingga malam hari.

“Prediksi kami puncak arus mudik terjadi hari Minggu. Tapi kita lihat lagi kondisi di lapangan sampai nanti malam,” tutur Adhi.

Untuk kondisi di Tol Padaleunyi arus dari Bandung-Cileunyi menuju Jakarta pada H+4 Lebaran 2024 ini, di KM 125 hingga Gerbang Tol Padalarang, kendaraan terlihat berjalan perlahan.

“Kita lihat hari ini, kendaraan memang cukup padat tapi lancar. Hari ini jadi puncak arus balik wisatawan dan pemudik. Kepadatan ini karena adanya pertemuan dua tol yakni Cileunyi dan Pasteur akhirnya menumpuk di sekitar Padalarang ini,” ujar dia.

Tidak sedikit juga kendaraan yang memilih menghindari kepadatan lalu lintas dengan masuk ke rest area KM 125, karenanya polisi memberlakukan buka tutup rest area demi menghindari kepadatan antrean di KM 125.

Berita Lainnya:
Pengamat: Prof Enny Berperan Penting dalam Putusan MK Gugatan Pilpres

“Kalau rest area penuh maka akan kita tutup, kemudian kendaraan diarahkan ke rest area selanjutnya. Termasuk juga bus, jadi penumpang bus menunggu busnya di tepi tol. Kami batasi juga waktu di rest areanya. Maksimal di dalam rest area hanya boleh istirahat paling lama 30 menit, sehingga bisa bergiliran,” ucap Adhi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Bandung Barat Fauzan Azima menyampaikan pihaknya sudah menyiagakan personel di jalur arteri untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan di jalur arteri.

“Kita siagakan tim pengurai. Jika terjadi kepadatan di jalur arteri tim akan meluncur ke titik kemacetan untuk mengurainya,” kata Fauzan.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi