Selasa, 30/04/2024 - 10:51 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Cara Menghindari Keracunan Makanan Saat Periode Liburan

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Saat bepergian di musim liburan, penting untuk memilih makanan dan minuman dengan hati-hati. Entah itu makanan di gerai kuliner pinggir jalan atau di tempat penginapan yang “wah”, pelancong tetap harus memperhatikan higienitas.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Sebab, kurangnya higienitas berpotensi mengarah pada kondisi keracunan makanan, yang terjadi pada ratusan wisatawan setiap tahunnya. Ada beberapa cara untuk menghindarinya, dikutip dari laman Safe Food, Rabu (10/4/2024). 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Saat mencari tempat makan, ada baiknya bertanya terlebih dahulu kepada penduduk setempat atau mencari informasi dari sumber lain. Di manapun memutuskan untuk makan, perhatikan kebersihan areanya dan kondisi pengelolaannya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Posko Terpadu Idul Fitri Mudahkan Pemudik Dapat Layanan dan Keamanan
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Perhatikan kebersihan meja, peralatan makan, serta higienitas lain, seperti para pekerja, wastafel, dan toiletnya. Dari segi makanan yang dihidangkan, perhatikan apakah makanannya dimasak hingga matang dan dimasak dengan cara yang higienis.

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Untuk semua makanan yang dipajang, pastikan kondisinya tertutup. Perhatikan apakah makanan terlihat 100 persen segar, dan tidak dibiarkan dalam waktu lama atau terlihat dihangatkan berulang. Lihat juga apakah makanan panas disajikan panas dan makanan dingin disajikan dingin. Jika suhunya tidak tepat, tanyakan kembali kepada pegawai rumah makan.

Jika menemukan ‘benda asing’, seperti sehelai rambut di makanan, jangan lanjutkan makan dan kirimkan kembali ke dapur. Pastikan juga peralatan makan yang ada pada hidangan terlihat bersih atau bersihkan ulang sebelum menggunakannya.

Berita Lainnya:
Pemudik Diimbau Pastikan Kondisi Kesehatan Fit Sebelum Kembali ke Rutinitas

Terapkan aturan dasar persiapan makanan seperti yang dilakukan di rumah, dan jangan lupa mencuci tangan sebelum makan. Selalu minum air matang atau air dalam kemasan yang terjaga higienitasnya. Ada baiknya membawa obat diare dan obat antimual saat bepergian untuk berjaga-jaga. Keracunan makanan ringan lazimnya berlangsung selama 24 jam. Jika tidak terlihat tanda-tanda membaik setelah itu, segera cari bantuan medis.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi