Rabu, 01/05/2024 - 01:59 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Menlu Inggris: Israel Memutuskan Balas Serangan Iran

ADVERTISEMENTS

Ledakan terlihat di langit Yerusalem, menyusul serangan dari Iran, Ahad (14/4/2024).

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

YERUSALEM — Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron mengatakan Israel memutuskan membalas serangan drone dan rudal Iran akhir pekan lalu. Peringatan terbaru ini ia sampaikan saat berkunjung ke Israel.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Sudah jelas Israel memutuskan untuk bertindak, kami berharap mereka melakukan dengan cara yang hanya sedikit meningkatkan eskalasi,” kata Cameron di Yerusalem, Rabu (17/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Pemimpin-pemimpin dunia mencoba mencegah konflik di Timur Tengah meluas setelah serangan pertama Iran ke wilayah Israel yang melibatkan ratusan drone dan rudal.

ADVERTISEMENTS

Serangan itu sebagai respons atas serangan Israel ke kantor konsulat Iran di Suriah yang menewaskan tujuh perwira termasuk dua jenderal Garda Revolusi pada 1 April lalu.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Indonesia Dorong Inovasi Digital di Asia-Pasifik

Serangan Israel ke Gaza yang kini memasuki bulan ketujuh membuka sejumlah front di Timur Tengah. Israel juga berhadapan dengan kelompok-kelompok yang didukung Iran di Lebanon, Yaman, Suriah dan Irak. Para diplomat mencoba mencegah perang langsung antara Israel dan Iran.

Sebagian besar drone dan rudal yang ditembakan Iran pada Ahad (14/4/2024) lalu berhasil dihalau dan tidak menimbulkan korban jiwa dan hanya sedikit kerusakan materi. Namun Israel mengatakan mereka harus membalasnya untuk menjaga kredibilitas pertahanannya.

Iran mengatakan Teheran menganggap masalah serangan ke kantor konsulatnya sudah selesai. Tapi akan merespons semua serangan balasan Israel.

Berita Lainnya:
Ancaman Korut akan Jadi Isu Pertemuan Biden dan Kishida

Sementara itu, Washington dan pemerintah negara Barat lainnya berharap sanksi ekonomi baru pada Iran dapat membantu mencegah Israel membatasi cakupan responnya. Cameron mengatakan Inggris ingin melihat sanksi terkoordinasi negara G7 pada Iran. Negara-negara demokrasi yang tergabung dalam G7 akan menggelar rapat pekan ini di Italia. “Mereka perlu  memperi pesan jelas dan tegas dari G7,” kata Cameron.

Israel diperkirakan akan membahas respon ke Iran dalam rapat ‘kabinet perang’ pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Kabinet itu juga mencakup oposisi dari sayap moderat yang bergabung dengan pemerintah sebagai sikap persatuan usai serangan mendadak Hamas pada 7 Oktober lalu.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi