Sabtu, 04/05/2024 - 00:20 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

HIBURAN

Menengok Perhelatan Beijing International Film Festival

ADVERTISEMENTS

 Sebagai seorang penikmat film, saya merasa beruntung karena berkesempatan menghadiri Beijing International Film Festival (BJIFF) ke-14 yang dihelat pada 18-26 April 2024. BJIFF merupakan salah satu acara kebudayaan berskala internasional terbesar yang rutin digelar China.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Kunjungan saya ke BJIFF berlangsung pada Jumat (19/4/2024). Saya datang bersama para jurnalis yang sedang mengikuti program China International Press Center (CIPC). Meski tak menghadiri seremoni pembukaan, saya tetap bersemangat untuk menengok perhelatan BJIFF.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

BJIFF ke-14 digelar di Beijing Langyuan Station. Dulunya tempat tersebut dikenal sebagai Gudang Tekstil Beijing (Beijing Textile Warehouse). Gudang itu dibangun pada dekade 1960-an dan menjadi basis penyimpanan utama sistem industri tekstil di Beijing. Terdapat jalur kereta yang turut terkoneksi ke fasilitas tersebut.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Sempat terbengkalai dan tak lagi difungsikan, pada 2017, Gudang Tekstil Beijing mulai disulap menjadi area budaya dan kreatif. Bangunan-bangunan bergaya industrial di area seluas 140 ribu meter persegi kini telah berubah menjadi restoran, kafe, hingga toko furnitur.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Sejumlah Artis Papan Atas Turut Ramaikan The Greatest Concert Mahakarya Ahmad Dhani 

Ketika saya tiba di Beijing Langyuan Station untuk menghadiri BJIFF, suasana cukup semarak. Sejumlah figur karakter film, mulai dari Po Kung Fu Panda hingga Spider-Man, terpajang di beberapa sudut area utama stasiun. Banyak anak muda China datang dengan mengenakan kostum karakter dari film atau animasi tertentu (cosplay).  

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Penyelenggaraan BJIFF berada di bawah naungan Pemerintah Beijing dan China Media Group (CMG). Dalam acara pembukaan pada Kamis (18/4/2024) pekan lalu, wali kota Beijing, yang juga menjabat sebagai ketua komite pengorganisasian BJIFF ke-14, Yin Yong, mengatakan, pada 2023, industri perfilman China mengalami kebangkitan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Sebagai pemimpin Beijing, Yin mengaku mendukung kemajuan ekosistem perfilman di wilayahnya. “Dalam beberapa tahun terakhir, Beijing telah memprioritaskan pengembangan industri film dan televisi sebagai komponen kunci dari pertumbuhan budaya ibu kota. Kota ini telah meningkatkan kebijakan dukungan industri, memupuk inovasi perusahaan dan peningkatan layanan untuk bakat, menciptakan yang lebih terbuka, bersemangat dan ekosistem profesional untuk pembuat film global,” ucapnya.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Idol K-Pop Zayyan XODIAC Ucapkan Selamat Lebaran dan Bagikan Foto Seusai Sholat Idul Fitri

Dalam perhelatan BJIFF ke-14, Brasil terpilih menjadi tamu kehormatan. Menteri Kebudayaan Brasil Margareth Menezes sempat menyampaikan pidato secara virtual pada seremoni pembukaan. Dia mengapresiasi negaranya dipilih sebagai tamu kehormatan.

“Tahun ini menandai peringatan 50 tahun terjalinnya hubungan diplomatik antara Brasil dan China. Kami menghadirkan empat film yang menggambarkan keragaman budaya dan wilayah kami,” ucap Menezes.

Karena terpilih sebagai tamu kehormatan, sebuah acara khusus diadakan untuk memutar film-film Brasil. Sutradara sekaligus animator kenamaan Brasil, Carlos Saldanha, turut diundang ke BJIFF sebagai anggota komite juri Tiantan Awards.

Selama perhelatan BJIFF, lebih dari….

 

 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi