Senin, 29/04/2024 - 23:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

DIGITALEKONOMI

Mengenal Apa itu NFT, Manfaat dan Cara Membuat

ADVERTISEMENTS

NFT adalah sertifikat keaslian pada blockchain yang umumnya dikeluarkan pencipta aset

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Belakangan ini, NFT menjadi perbincangan hangat di Indonesia, terlebih Gen Z. Istilah NFT semakin bergaung sejak pemuda bernama Ghozali mendadak kaya karena menjual fotonya di marketplace NFT. Penasaran cara buat NFT? Simak selengkapnya di artikel ini.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Mengenal NFT

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

NFT adalah sertifikat keaslian pada blockchain yang umumnya dikeluarkan oleh sang pencipta aset. Aset dengan metadata yang unik ini akan terlampir dalam bentuk token. Kemudian, token tersebut bisa berupa koleksi digital, musik, permainan, maupun pemungutan suara.

ADVERTISEMENTS

NFT berbentuk aset digital, sehingga bisa dianggap sebagai milik pribadi dan tidak ada wujudnya. Dalam transaksinya sendiri, NFT kebanyakan menggunakan blockchain Ethereum, salah satu mata uang kripto yang populer. Blockchain inilah yang akan mendukung perdagangan NFT. Jadi, NFT tidak akan eksis tanpa adanya ekosistem blockchain.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Cara kerja NFT juga terbilang cukup sederhana. Sistem penyimpanannya berupa data digital, sehingga pengguna bisa melakukan transfer secara rahasia. Perlu diketahui, pengguna lain tidak akan bisa melacak atau memiliki data NFT Anda.

Manfaat NFT

Boomingnya bisnis NFT tentu saja bukan sekadar tren belaka. NFT memiliki banyak manfaat, terutama dalam dunia bisnis, seperti:

Berita Lainnya:
Gelombang Kedua Mudik Gratis Sepeda Motor Kini Bisa Go-show

1. Memudahkan penjualan produk

NFT merupakan aset berbasis digital yang mudah untuk diperjualbelikan. Pasalnya, penjual NFT tidak membutuhkan ruang nyata. Selain kemudahan, penggunaan NFT juga bisa meminimalisir biaya dan mendukung kelangsungan bisnis digital.

2. Mendukung pemasaran

Suatu perusahaan sebaiknya memiliki media sosial atau website sendiri. Tak menutup kemungkinan, bisnis akan semakin berkembang bila memiliki atau memperjualbelikan token digital NFT. Penggunaan NFT bisa mendukung pemasaran bisnis Anda secara tidak langsung.

3. Menciptakan ekosistem perdagangan

Ekosistem perdagangan digital memang terbilang baru. Kehadiran NFT bisa membuka fenomena perdagangan digital yang terjadi dalam sistem blockchain menggunakan mata uang kripto, seperti Binance, Bitcoin, maupun Ethereum.

4. Menjadi alat promosi

Pada dasarnya, NFT merupakan token digital dalam bentuk foto, video, dan lain sebagainya. Cara buat NFT juga mudah, sehingga siapapun bisa membuat miliknya sendiri. Anda bisa mempromosikan bisnis Anda melalui NFT dalam bentuk tiket, diskon, atau kupon berbasis digital.

5. Bukti kepemilikan

Dalam berbisnis, bukti kepemilikan dari suatu produk sangat penting untuk diperhatikan agar tidak terjadi sengketa. Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk meminimalisir resiko pemalsuan produk dari perusahaan tertentu.

Sebelum NFT terjual, sistem akan mendeteksi pemiliknya terlebih dahulu. Kemudian, akan mencari tahu apakah produk tersebut memang orisinil atau tidak. Maka dari itu, kehadiran NFT penting untung memberikan bukti kepemilikan terhadap produk-produk Anda.

Berita Lainnya:
InJourney Airports Layani 4,1 Juta Penumpang

6. Data aman

NFT dimuat dalam sistem blockchain. Maka dari itu, data-data terkait produk akan tersimpan dengan aman. Hanya pemiliknya saja yang bisa memiliki data seputar produk.

Semua transaksi jual-beli juga akan tercatat lengkap dalam sistem. Jadi, Anda tak perlu khawatir produk mengalami pencurian.

Cara buat NFT di handphone

Perkembangan NFT sendiri cukup pesat di Indonesia maupun dunia. Sehingga, banyak marketplace yang menawarkan NFT termurah hingga NFT termahal.

Daripada membeli NFT, mengapa Anda tidak mencoba untuk membuat NFT sendiri? Apalagi, cara buat NFT gratis terbilang cukup mudah. Berikut sejumlah langkah membuat NFT.

Menentukan konsep

Langkah pertama untuk memulai bisnis karya digital adalah dengan menentukan konsep. Anda bisa mencari inspirasi konsep dari beberapa konten. Usahakan untuk membuat sesuai yang disukai banyak orang.

Hasilkan konten-konten berkualitas agar orang tertarik untuk membelinya. Meskipun mencari inspirasi dari karya lain, pastikan milik Anda memiliki keunikan tersendiri.

Pilih dompet digital

Untuk menggunakan NFT, Anda harus memiliki token yang disebut blockchain. Biasanya, blockchain yang paling sering adalah Ethereum. Dompet digitalnya bisa berupa Metamask atau Safepal.

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi