Sabtu, 27/04/2024 - 00:12 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Menko Airlangga Hartarto: Kartu Prakerja Terbukti Efektif Tingkatkan Kewirausahaan

ADVERTISEMENTS

Tercatat lebih dari 12 juta masyrakat telah menjadi penerima kartu prakerja.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA– Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Airlangga Hartarto mengatakan program kartu prakerja telah terbukti efektif dalam meningkatkan pembelajaran kewirausahaan, daya beli dan inklusi keuangan. Tidak hanya itu, program ini juga telah diteliti oleh berbagai pihak seperti Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) dan World Bank.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Kartu prakerja adalah program sukses pemerintah Republik Indonesia. Dalam mengubah permukaan publik, teknologi digital dan cara-cara inovatif biasanya dilakukan oleh startup diimplementasikan di kartu prakerja. Penelitian dilakukan secara presisi, bahwa penerima manfaat perempuan, penerima manfaat yang tinggal di luar Jawa dan penerima manfaat,” katanya dalam webinar Kartu Prakerja: Indonesia’s Digital Transformation and Financial Inclusion Breakthrough, Rabu (15/6/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Tarif Promo LRT Jabodebek Dilanjut Sampai Mei 2024

Kemudian, ia melanjutkan program ini juga membantu yang lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau lebih tinggi dan tinggal di perkotaan. Menurutnya, banyak keuntungan yang diperoleh peserta setelah bergabung dalam program kartu prakerja. Di antaranya mendapatkan sertifikat dan peluang mendapatkan pekerjaan menjadi lebih tinggi.

ADVERTISEMENTS

“Kartu Prakerja juga menawarkan lebih banyak lagi kepada masyarakat. Seperti mendorong penyaluran insentif yang telah tersebar melalui Bank dan perusahaan fintech yang diuntungkan. Bisa pilih sendiri payment channel dari Link Aja, BNI, OVO atau DANA,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Ekonomi dan Keuangan Syariah Masih Perlu Ditingkatkan

Ia menambahkan pengembangan ekosistem pembelajaran berbasis kemitraan di kartu prakerja ini dibangun dengan melibatkan ratusan pemangku kepentingan dan tercatat lebih dari 12 juta telah menjadi penerima kartu prakerja.

“Kartu prakerja merupakan salah satu pelopor pengembangan G2P payment yang memanfaatkan fintech. Inilah peran kartu prakerja dalam mempercepat inklusi keuangan,” kata dia.

Ia menjelaskan program kartu prakerja ini benar-benar menjadi terobosan dalam transformasi digital dan inklusi keuangan Indonesia. Namun, ia menyadari masih banyak hal yang harus dilakukan untuk menyempurnakan program kartu prakerja.

“Kami sangat mengharapkan dukungan lebih lanjut dari mitra kami Bank Dunia dan Bank Indonesia,” kata dia.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi