Jumat, 26/04/2024 - 21:01 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Koalisi Demokrat-PKB-PKS Kesampingkan Capres Dulu

ADVERTISEMENTS

Demokrat juga sedang komunikasikan koalisi dengan satu partai lainnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Partai Demokrat mengakui adanya komunikasi yang semakin intens dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Saat ini koalisi mereka mengesampingkan capres dulu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


“Akhir-akhir ini komunikasi dengan PKS dan PKB makin intens. Ada kesamaan platform, visi, dan cara pandang dalam memperjuangkan hak-hak dan program-program pro rakyat,” ujar Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, Sabtu (18/6).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Partai Demokrat, PKB, dan PKS disebutnya juga pernah bekerja sama dalam pemerintahan periode 2004-2014. Ia mengklaim, ketiga partai mengesampingkan terlebih dahulu pemilihan presiden (Pilpres) 2024. “Soal capres-cawapres kami kesampingkan dulu, yang kami utamakan adalah apa yang terbaik untuk rakyat,” ujar Herzaky.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
AHY Tegaskan Siap Kawal Transisi Pemerintahan Jokowi ke Prabowo


Komunikasi antara Partai Demokrat, PKB, dan PKS dilandasi dengan egalitarian atau kesetaraan. Tanpa saling mendominasi satu sama lain, membangun kepercayaan, soliditas, dan menjunjung tinggi kedaulatan partai. “Kami juga sedang melakukan komunikasi intens dengan satu partai lagi di luar PKS dan PKB,” ujar Herzaky.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid membenarkan adanya komunikasi antara pihaknya dengan PKS dan Partai Demokrat. Ketiga partai disebutnya tengah melakukan penjajakan dan menyamakan pandangan.

Berita Lainnya:
AHY: Demokrat Serahkan ke Prabowo Soal Koalisi


“Baru komunikasi, pacaran, soal deklarasi, soal pengumuman itu kan soal teknis saja, tidak ada yang terburu-buru. Tentu kalau kita mau deklarasi, ya nyari hari yang baik,” ujar Jazilul di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta.


Ketiga partai, jelas Jazilul, menjalin komunikasi karena PKB, PKS, dan Partai Demokrat belum memenuhi ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold sebesar 20 persen.


“Makanya kita membuat komunikasi ini sama-sama saling mengamankan, sama-sama saling memberikan keuntungan. Jadi tidak ada istilahnya duduk langsung bicara ‘oh pasangannya harus ini harus ini, harus sgera putus’,” ujar Jazilul.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi