Rabu, 08/05/2024 - 01:39 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Cari Peluang Kerja, Poltekpel Sumbar Gelar Tracer Study

ADVERTISEMENTS

Tracer study membantu mengatasi permasalahan kesenjangan kesempatan kerja.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA – Sebagai upaya memberikan informasi peluang kerja kepada lulusannya, maka Kampus Kementerian Perhubungan, Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumatera Barat menyelenggarakan evaluasi hasil tracer study. Tracer study atau yang sering disebut sebagai survey alumni merupakan salah satu instrumen penting dalam rangka continuous improvement di pendidikan tinggi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Djoko Sasono, mengatakan, tracer study merupakan salah satu metode yang dibutuhkan untuk bisa memperbaiki dua arah, yaitu pendidikan dan user lulusan. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


“Pendidikan Tinggi dapat melakukan pelacakan alumni dan memperoleh umpan balik dari alumni untuk perbaikan serta pengembangan kualitas dan sistem pendidikan,” kata Djoko dalam keterangan tertulisnya yang diterima Republika.co.id, Jumat (8/7/2022).

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh


 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh


Umpan balik ini pun dapat bermanfaat pula bagi instansi Pendidikan Tinggi untuk memetakan dunia usaha dan industri. Ini agar jeda di antara kompetensi yang diperoleh alumni saat kuliah dengan tuntutan dunia kerja dapat diperkecil. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh


Dia juga menambahkan, bahwa tracer study ini dapat dijadikan sebagai database alumni dan pengguna lulusan (user) yang terdata berdasarkan program studi dan angkatan, sebagai masukan/informasi penting bagi pengembangan perguruan tinggi, sebagai alat evaluasi untuk melihat relevansi antara pendidikan tinggi dengan dunia usaha dan industri, informasi bagi pemangku kepentingan (stakeholders), kelengkapan persyaratan bagi akreditasi pendidikan tinggi, sebagai masukan bagi perbaikan kurikulum, sebagai bahan untuk membangun jaringan/network alumni.

Berita Lainnya:
Nadiem Klaim Kebijakannya Beri Banyak Dampak Positif Bagi Masyarakat


Ditegaskan Djoko, manfaat tracer study tidaklah terbatas pada perguruan tinggi saja. Tetapi, lebih jauh lagi dapat memberikan informasi penting mengenai hubungan (link) antara dunia pendidikan tinggi dengan dunia kerja profesional dan menilai relevansi pendidikan tinggi. 


“Inilah link and match yang sedang kita bangun, untuk itulah melalui forum ini kita mengharapkan masukan-masukan. Sebab tracer study ini dapat menyajikan informasi mendalam dan rinci mengenai kecocokan/match kerja baik horisontal (antar berbagai bidang ilmu) maupun vertikal (antar berbagai level/strata pendidikan),” katanya.


Sementara Direktur Poltekpel Sumatera Barat, Capt Wisnu Risianto mengatakan, tracer study ini dapat ikut membantu mengatasi permasalahan kesenjangan kesempatan kerja dan upaya perbaikannya. Bagi pendidikan tinggi, memberikan informasi mengenai kompetensi yang relevan bagi dunia kerja, dapat membantu upaya perbaikan kurikulum dan sistem pembelajaran. 


Dimana, kata dia, lembaga pendidikan harus bisa beradaptasi dengan perkembangan, khususnya pada teknologi. Sehingga, hal ini diharapkan bisa menjadi resource dalam peningkatan mutu pendidikan. 

Berita Lainnya:
Rektor UMJ Sebut Moralitas Jadi Nilai Penting dalam Demokrasi


“Untuk itu saya berharap dari kegiatan evaluasi ini, tracer study ini akan terus mengalami perkembangan, baik dari sistem, sumber daya, metode pelaksanaan dan juga hasil yang diperoleh,” ujarnya. 


“Hal ini ditunjang dengan mewujudkan pendataan yang berkelanjutan, pemantauan dan evaluasi mutu lulusan demi mewujudkan lulusan Politeknik Pelayaran Sumatera Barat yang akuntabel,” katanya lagi.


Capt Wisnu juga mengatakan, bahwa pihaknya secara konsisten melakukan kegiatan tracer study guna mengoptimalkan peran dan fungsi Poltekpel Sumatera Barat sebagai perguruan tinggi dalam rangka mendapatkan umpan balik dari lulusan untuk kepentingan evaluasi hasil pendidikan tinggi dan juga perbaikan mutu dan penjaminan kualitas lembaga pendidikan tinggi.


Tracer study Poltekpel Sumatera Barat berharap hasil pelacakan tahun ini dapat memberikan kontribusi dan masukan bagi semua pihak, khususnya Poltekpel Sumatera Barat sebagai lembaga pendidikan di dalam merancang program dan kurikulum serta menciptakan lingkungan akademis maupun non akademis yang lebih mendukung terciptanya lulusan yang berkualitas. Tindak lanjut perbaikan adalah bagian penting dari proses panjang untuk semakin baiknya tracer study Poltekpel Sumatera Barat ini,” ucapnya.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi