Sabtu, 27/04/2024 - 06:31 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Uni Eropa Cari Suplai Gas Alternatif ke Azerbaijan

ADVERTISEMENTS

Eropa mencari diversifikasi impor energi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 BRUSSELS – Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen diagendakan mengunjungi Azerbaijan, Senin (18/7/2022). Dia hendak mencari suplai gas alternatif untuk Benua Biru di tengah seretnya pasokan dari Rusia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Komisi Eropa mengungkapkan, meski Rusia sudah menjadikan suplai energinya sebagai “senjata”, diversifikasi impor energi bagi Eropa tetap menjadi prioritas. “Presiden von der Leyen dan Komisaris (Energi) Kadri Simson akan berada di Azerbaijan besok untuk lebih memperkuat kerja sama,” kata Komisi Eropa lewat akun Twitter-nya, Ahad (17/7/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Menurut draf dokumen yang sempat dilihat Reuters pada 14 Juli lalu, Komisi Eropa telah mengusulkan kepada negara anggota Uni Eropa perihal kesepakatan peningkatan impor gas alam dari Azerbaijan. Komisi Eropa pun mendukung perluasan jaringan pipa untuk melakukan hal tersebut.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Prediksi Tepat Biden Perkirakan Serangan Balasan Iran


Komisi Eropa belum memberikan komentar resmi perihal draf tersebut. Uni Eropa diketahui telah setuju melakukan embargo terhadap komoditas minyak Rusia sebagai respons atas keputusan Moskow menyerang Ukraina. Penerapan embargo dilakukan secara bertahap dan diharapkan berlaku penuh akhir tahun ini.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Di sisi lain, transit gas lewat Polandia telah dihentikan tahun ini. Pengiriman gas via Ukraina pun sudah dibatasi. Pasokan gas melalui jaringan pipa Nord Stream 1 yang terbentang di bawah Laut Baltik dari Rusia ke Jerman pun sempat tersendat. Moskow menjelaskan, hal itu terjadi karena adanya kendala teknis.

Berita Lainnya:
Hamas: Kuburan Massal di Khan Younis Bukti Nyata Genosida


Rusia mengatakan, turbin yang diperbarui untuk Nord Stream 1 tak bisa dikirim dari Kanada akibat sanksi Barat. Namun Jerman menuding, penyekatan suplai gas via Nord Stream 1 merupakan langkah politis atau balasan Moskow terhadap Eropa. Saat ini, Jerman mempersiapkan semua skenario, termasuk menyetop total pasokan gas dari Rusia.


Sementara itu, Duta Besar Rusia untuk PBB di Jenewa, Mikhail Ulyanov, mengungkapkan, negaranya tak memiliki niatan menutup suplai gas ke Eropa. “Rusia tidak pernah menolak melanjutkan pasokan gas alam ke Eropa dan sepenuhnya mematuhi kewajiban kontraktualnya,” kata Ulyanov lewat akun Twitter-nya pada Ahad lalu.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi