Rabu, 01/05/2024 - 06:26 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Pemakaman Mikhail Gorbachev Berlangsung Sabtu

ADVERTISEMENTS

Prosesi pemakaman Mikhail Gorbachev akan dibuka untuk umum

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

MOSKOW — Pemakaman pemimpin terakhir Uni Soviet Mikhail Gorbachev akan berlangsung pada Sabtu (3/9/2022). Dia meninggal dunia di Moskow dalam usia 91 tahun pada Selasa (30/8/2022).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Media Rusia menyatakan, prosesi pemakaman akan diadakan di Hall of Columns yang terkenal di dalam House of Unions Moskow. Tempat ini juga menyimpan tubuh Josef Stalin yang dipajang setelah kematiannya pada 1953.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Kantor berita TASS mengutip Juru Bicara Yayasan Gorbachev Vladimir Polyakov mengatakan, prosesi pemakaman akan dibuka untuk umum dan Gorbachev kemudian akan dimakamkan di Pemakaman Novodevichy Moskow. Juru bicara Istana Kremlin Dmitry Peskov mengatakan, pemerintah akan segera memutuskan apakah Gorbachev akan diberi pemakaman kenegaraan atau tidak.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Jubir Dewan Eropa Pastikan tak Ada Seruan UE agar Turki Keluar

Kantor berita pemerintah Rusia RIA kemudian mengutip Kepala Hubungan Media di Yayasan Gorbachev Pavel Palazchenko mengatakan, upacara di Hall of Columns akan diselenggarakan oleh layanan protokol pemerintahan Vladimir Putin. “Belum ada informasi apakah ini dianggap pemakaman kenegaraan atau tidak,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Peskov mengatakan, Istana Kremlin akan mengumumkan nanti apakah Putin akan menghadiri pemakaman. Putin sehari usai kematian Gorbachev mengirim belasungkawa melalui telegram kepada kerabat. Kremlin memuji mendiang politisi itu sebagai negarawan global luar biasa yang membantu mengakhiri Perang Dingin, tetapi salah besar tentang prospek pemulihan hubungan dengan Barat yang haus darah.

Berita Lainnya:
Israel Akui Sebagian Besar Hamas Yang Dibunuhnya Ternyata Warga Sipil

Banyak politisi, intelektual, penyair, dan bangsawan tingkat tinggi telah dimakamkan di pemakaman Novodevichy sejak pemakaman tersebut didirikan pada abad ke-16. Beberapa di antaranya Presiden Pertama Rusia dan saingan politik Gorbachev Boris Yeltsin.

Ketika Yeltsin meninggal pada 2007, dia dimakamkan dengan penghormatan penuh kenegaraan. Putin yang menggantikannya pun mengumumkan hari berkabung nasional.

Tempat itu juga merupakan tempat peristirahatan istri Gorbachev, Raisa, yang meninggal pada 1999. Nikita Khrushchev adalah satu-satunya pemimpin Uni Soviet lainnya yang dimakamkan di sana, dengan sebagian besar lainnya dimakamkan di dekat tembok Kremlin di Lapangan Merah.


sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi