Jumat, 26/04/2024 - 21:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

TEKNOLOGI

Waktunya Ucapkan Selamat Tinggal pada Floppy Disk

ADVERTISEMENTS

Pasar untuk floppy disk diperkirakan bertahan empat tahun lagi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA — Mungkin sudah waktunya untuk mengucapkan selamat tinggal pada cakram liuk atau floppy disk. Menurut taipan floppy disk, Tom Persky, pasar untuk salah satu barang paling ikonik dalam industri teknologi hanya akan bertahan selama “empat tahun lagi.”

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Dilansir dari Tech Radar, Selasa (27/9/2022), pengusaha Amerika Serikat (AS), yang menggambarkan dirinya sebagai “orang terakhir yang berdiri” dalam bisnis memudar, menjalankan floppydisk.com. Ini adalah salah satu tempat terakhir di internet dimana Anda dapat membeli teknologi kuno.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Sony, perusahaan terakhir yang memproduksi floppy disk, berhenti memproduksinya pada Maret 2011. Sementara Persky menjalankan bisnisnya dari satu juta lebih pesanan yang dibuat hampir satu dekade lalu.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Aplikasi Ini Maksimalkan Potensi Fiksi dan Minat Baca di Indonesia

Siapa yang masih menggunakan floppy disk? Cukup banyak orang rupanya, setidaknya sampai baru-baru ini. Boeing 747, yang baru pensiun pada Juli 2020, terus menggunakan disket 3,5 inci untuk menyimpan basis data navigasi yang diperbarui.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Yang meresahkan, baru pada 2019 militer AS berhenti menggunakan floppy disk delapan inci di komputer tahun 1970-an , Sistem Komando dan Kontrol Otomatis Strategis, atau SACCS, untuk menerima perintah peluncuran nuklir.


Jepang khususnya telah merasa sulit untuk melepaskan kecintaannya pada floppy disk, dan mereka masih populer untuk digunakan oleh pemerintah daerah. Di salah satu area Tokyo, Chiyoda Ward, mereka tidak berada di jalur yang benar untuk menghapus floppy disk sepenuhnya hingga tahun fiskal 2026 menurut laporan Nikkei.

Berita Lainnya:
Inilah 5 Keunggulan Samsung S23, Ponsel Berukuran Kecil dengan Performa Berkelas Dengan Harga Terjangkau di Blibli


Dekrit dari menteri digital negara itu, Taro Kono, menyatakan “perang” terhadap floppy disk, serta CD Rom, sebagai bagian dari kampanye yang lebih luas untuk mengurangi penggunaan teknologi usang. Tapi sepertinya kita tidak akan melihat lagi kenaikan popularitas floppy disk.


Bahkan, komunitas Linux yang secara tradisional ramah-komputasi hardcore mengambil langkah-langkah untuk menghapus driver floppy disk. Hal itu karena hardware fisik floppy yang berfungsi sebenarnya semakin sulit ditemukan.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi