Sabtu, 27/04/2024 - 00:02 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Profesor Italia Temukan Cara Kembalikan Indra Penciuman Usai Terkena Covid-19

ADVERTISEMENTS

Ketajaman indra penciuman cenderung kurang tajam setelah terkena Covid-19.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA — Michele Crippa, seorang profesor gastronomi di beberapa universitas di Italia, mengalami anosmia (kehilangan atau gangguan indra penciuman) dan ageusia (kehilang atau gangguan pengecapan) karena Covid-19. Kemudian, dia memasuki fase baru, parosmia dengan merasakan beberapa bau, tetapi semuanya terdistorsi. Misalnya, lemon dan jeruk berbau seperti sabun, buah persik seperti kemangi, kopi seperti kotoran, dan vanila seperti muntahan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Crippa mengambil pendekatan tidak biasa untuk memandu regenerasi neuron penciumannya, sesuatu yang belum pernah dicoba oleh siapa pun sebelumnya. Dia mencoba memanfaatkan ingatannya tentang penciuman untuk mengaktifkan kembali sistem penciumannya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


“Sekarang aku bisa mencium bau vanila,” kata Crippa dilansir Eating Well, Sabtu (8/10/2022).

ADVERTISEMENTS


Dia menjelaskan, biasanya membeli produk segar, menutupnya dalam stoples kedap udara, dan berkonsentrasi melakukan pelatihan ini setiap hari dan minggu demi minggu, untuk melatih membangun penciuman yang hilang dari dalam ke luar. Menurut seorang ahli rinologi di Harvard Medical School di Boston, Stella Lee apa yang dilakukan Crippa cukup canggih. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


“Yang benar-benar menarik adalah bagaimana dia melihat interaksi antara penciuman dan ingatan, dan itulah yang dia gunakan untuk membantu orang mendapatkan kembali penciuman,” ujar Lee.

Berita Lainnya:
Batuk tak Sembuh Hingga 2 Pekan? Waspada Gejala Utama TBC


Gagasan mengingat ingatan yang terhubung dengan penciuman berpotensi membantu regenerasi jaringan saraf yang terganggu oleh virus adalah topik yang sedang dikerjakan Lee, berkat hibah penelitian dari Pusat Penelitian Penyakit Alzheimer. Lee menantikan untuk mempelajari data Crippa karena dia percaya bahwa ilmu gastronomi dapat membantu memecahkan anomali medis ini.


Crippa secara terbuka membagikan datanya dengan para peneliti di seluruh dunia. Meskipun tidak ada jaminan bahwa setiap orang yang melakukan pelatihan penciuman mendapatkan kembali indra penciumannya, tapi mencoba pelatihan di rumah dapat menjadi terobosan bagi sebagian orang.


Anda dapat membuat alat penciuman di rumah dengan mengumpulkan produk alami yang tersedia secara luas dan diakui budaya. Saat memilih, pastikan produk itu juga terkait dengan lingkup pengalaman dan kenangan pribadi. Anda harus melihat ke dalam lima keluarga aromatik: bunga, buah-buahan, rempah-rempah, panggang, dan sayuran.


Dalam keluarga bunga, Anda dapat memilih bunga ikonik yang mudah dikenali, seperti mawar dan lavender. Dalam keluarga buah-buahan, Anda dapat memilih buah-buahan asli wilayah, tetapi juga dapat memilih lemon, apel, pir, dan pisang yang diakui secara global. 


Dalam keluarga rempah-rempah, Anda dapat memilih rempah-rempah asli budaya gastronomi, seperti kayu manis untuk orang Amerika, licorice untuk orang Italia, dan kapulaga untuk orang India. Dalam keluarga sayuran, pilih produk yang memberikan sensasi segar seperti mint atau pinus.

Berita Lainnya:
Deteksi Tanda Parkinson dengan Konsep TRAP, Begini Cara Mengetahuinya


Coba gunakan dua produk per keluarga aromatik, sehingga Anda akan memiliki sekitar 10 produk secara total. Jangan berlebihan dengan menambahkan terlalu banyak, karena itu mempersulit logistik, dan pelatihan memakan waktu, lebih mudah berlatih dua kali sehari selama tujuh menit daripada 30 menit setiap kali. 


Pilih kotak atau stoples kecil, karena harus menyimpan beberapa produk di lemari es. Pastikan untuk membuatnya kedap udara menggunakan bungkus plastik, tutup yang rapat, atau gabus.


Crippa merekomendasikan untuk melakukan latihan penciuman setiap pagi setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Pertama, buka tutup stoples dan cium produk selama tiga hingga enam detik. 


Biarkan setidaknya 45 detik antara mencium satu produk dan yang berikutnya. Kedua, saat mencium bau produk, lihat dan catat di buku catatan. Ketiga, ulangi latihan sederhana ini setiap hari, pagi dan malam. 


Dengan mencatat setiap pelatihan, Anda akan dapat kembali dan memeriksa peningkatan akhirnya. Semakin konsisten, maka semakin besar kemungkinan mendapat hasil dan kemajuan.

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi