Sabtu, 27/04/2024 - 02:50 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Masjid Al Qubaib di Doha Masih Kukuh Berdiri

ADVERTISEMENTS

Masjid ini tetap menjadi landmark budaya Islam yang luar biasa dan mercusuar dakwah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 DOHA — Masjid Al Qubaib di pusat Doha dengan arsitektur Islamnya yang unik menjadi saksi era berdirinya negara itu. Masjid Al Qubaib didirikan oleh Sheikh Jassim bin Mohamed bin Thani, pendiri Qatar. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Berusia lebih dari satu setengah abad, masjid ini tetap menjadi landmark budaya Islam yang luar biasa dan mercusuar dakwah Islam selama bertahun-tahun. Masjid ini juga akan menjadi salah satu situs warisan agama yang paling menonjol bagi pengunjung ke Qatar selama Piala Dunia 2022.

ADVERTISEMENTS


 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Masjid Al Qubaib memiliki denah yang mirip dengan Masjid Nabawi, dengan tempat sholat yang dibangun di atas tiga baris kolom persegi tebal, terdiri dari empat serambi ke arah kiblat, selain dua serambi, satu di utara dan yang lainnya ke selatan. Jumlah total kubah yang membentuk atap masjid adalah 44, ditambah dua kubah yang lebih kecil menutupi atap mihrab. 

Berita Lainnya:
Ulama Perempuan yang Disegani pada Masa Kejayaan Islam di Andalusia Spanyol


 


Di sisi timur terdapat menara dan ruangan panjang yang terletak di tengahnya, dan di sisi barat terdapat mihrab yang juga disebut Kholwa dan dapat diakses dari dalam paviliun masjid, untuk mendapatkan simbolisme dari masjid-masjid lainnya.


 


Menara Masjid Al Qubaib, model menara tertua yang diketahui di Qatar, adalah menara dengan badan silinder yang menunjukkan pengaruh arsitektur menara di Turki dan Jazirah Arab, diikuti dengan munculnya model menara baru yang dapat dibedakan tergantung pada urutan sejarah perkembangan arsitektur Islam di wilayah tersebut. 


 


Mushola merupakan bagian penting dari Masjid Al Qubaib, dikelilingi tembok di tiga sisi utara, barat dan selatan. Di sisi utara terdapat empat jendela untuk ventilasi dan penerangan, dan di sisi barat terdapat enam jendela dengan mihrab, sedangkan sisi selatan identik dengan utara, dan sisi timur terbuka dengan 11 gapura di pelataran masjid dan atapnya dibangun dengan desain kubah.

Berita Lainnya:
Metode yang Dilakukan Pada Sidang Isbat untuk Menentukan 1 Syawal


 


Masjid ini, didirikan pada 1878 oleh arsitek terkenal Al Hamili. Bangunan ini kukuh berdiri melawan faktor alam yang keras selama lebih dari 100 tahun dan hanya mendapatkan renovasi kecil, untuk mempertahankan cerita yang menegaskan keunikannya di Qatar dan bahkan di seluruh wilayah Teluk. 


Perincian pembangunan masjid mengungkapkan penggunaan teknik arsitektur populer yang telah mencapai tingkat ilmu pengetahuan dan pengetahuan yang tinggi, baik dari segi ekonomi bahan dan tenaga, atau daya tahan dan adaptasi dengan alam. 


 


Dilansir dari Gulf Times, Selasa (15/11/2022), perawi menyebutkan Masjid Al Qubaib adalah satu-satunya tempat berlindung mereka ketika rumah lumpur mereka runtuh karena hujan lebat.


Masjid ini direnovasi 10 tahun yang lalu oleh Private Engineering Office (PEO) Amiri Diwan dengan cara mempertahankan desain arsitektur aslinya untuk mempertahankan ingatannya di hati orang-orang Qatar yang bangga dengan desain berbentuk kubah yang menceritakan cerita tentang kekuatan dan kemuliaan.


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi