Kamis, 02/05/2024 - 18:28 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

OTOMOTIF
OTOMOTIF

Lakukan Lima Persiapan Ini Sebelum Touring Jarak Jauh

ADVERTISEMENTS

Sebelum melakukan touring, ganti pelumas mesin agar tenaga mesin terasa optimal

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA–Melakukan perjalanan jarak jauh atau touring menggunakan sepeda motor bersama teman tentunya menjadi suatu yang menarik. Namun, sebelum melakukan itu, ada beberapa hal yang patut dipahami agar perjalanan berjalan lancar dan selamat sampai tujuan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Persiapan Fisik

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Seperti diungkap di atas, touring menggunakan sepeda motor umumnya ditempuh dengan jarak lumayan panjang. Maka dari itu, penting bagi pengendara memiliki stamina yang prima. Lakukan olahraga ringan, setidaknya satu pekan sebelum touring. Persiapan ini juga harus diimbangi dengan pola makan dan istirahat cukup. Selain itu, tak ada salahnya memanfaatkan multi vitamin untuk mengoptimalkan kondisi fisik.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Perlengkapan Berkendara Wajib

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Persiapan lain, terkait dengan perlengkapan berkendara wajib. Dimulai dari helm, pelaku giat touring disarankan menggunakan helm full face. Meski beberapa tak menyukainya, tak bisa dipungkiri helm jenis ini memiliki unsur keselamatan lebih baik.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Sementara untuk jaket dan celana, pilih yang nyaman dan dilengkapi ventilasi. Alangkah baiknya kedua perlengkapan berkendara ini memiliki pelindung. Begitu pula dengan sarung tangan.

Berita Lainnya:
Sambut Positif Kendaraan Elektrifikasi, Toyota Hybrid Jadi Incaran Masyarakat Indonesia

Adanya protektor tentu dapat meminimalisir cedera ketika terjadi insiden di jalan.

Di samping itu, pengendara juga wajib memakai sepatu paling tidak menutupi mata kaki. Lalu, jangan sampai lupa membawa jas hujan. Item ini penting dan wajib dibawa terlebih jika touring dilakukan di akhir tahun yang masuk musim hujan.

Cek Kondisi Sepeda Motor

Sebelum touring, Anda wajib mengecek kondisi sepeda motor. Untuk pemeriksaan secara menyeluruh, dapat dilakukan ke bengkel terpercaya untuk mengefisiensi waktu dan tenaga. Tapi, ada hal lain yang dapat dilakukan sendiri seperti mengganti oli mesin.

“Sebaiknya, ganti oli mesin baru sebelum touring. Dengan begitu, selama perjalanan pemilik dapat merasakan tenaga yang optimal,” kata Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL).

Agar bisa merasakannya, spesifikasi pelumas harus sesuai kebutuhan motor. Seperti halnya Pertamina Lubricants dengan oli Pertamina Enduro Series. Pelumas ini hadir dalam beberapa varian untuk motor manual maupun matic. Bahkan tersedia pula gear oil atau oli transmisi untuk motor matic.  “Pelumas menjadi bagian penting untuk mesin. Pelumas Pertamina juga dilengkapi zat aditif terbaik untuk perlindungan maksimal terhafap mesin. Lantas keberadaan varian pelumas Pertamina Enduro yang lengkap, menjadi bukti komitmen kami dalam memenuhi keinginan pengguna sepeda motor di Tanah Air,” kata Brahma.

Berita Lainnya:
Neta Produksi di Indonesia untuk Dapat  Bersaing di Pasar Mobil Listrik 

 

Toolkit Set dan Penambal Ban

Setelah pengecekan kondisi sepeda motor, lengkapi barang bawaan dengan toolkit set sederhana misalnya kunci pas yang umum dipakai di motor. Termasuk juga alat penambal ban untuk mengantisipasi andaikata mengalami bocor ban di lokasi yang jauh dari bengkel.

Kenali Rute Touring

Mengenali rute touring juga tak kalah penting. Dengan begini, pengendara dapat menentukan rute yang ingin dilalui sekaligus mengestimasi waktu perjalanan dan istirahat. Alangkah baiknya melengkapi sepeda motor dengan phone holder untuk memantau trek melalui peta digital.  Sebagai catatan terakhir, upayakan rehat maksimal setiap 2 jam berkendara dan patuh terhadap rambu-rambu lalu lintas.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi