IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Wakil Presiden Ma’ruf Amin Serahkan Program Bantuan Baznas Microfinance Masjid di Jakarta

Wakil Presiden Ma'ruf Amin Serahkan Program Bantuan Baznas Microfinance Masjid di Jakarta

Program bantuan Baznas Microfinance Masjid diberikan pada pedagang kecil.

 JAKARTA — Wakil Presiden RI, KH Ma`ruf Amin bersama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyerahkan program bantuan BAZNAS Microfinance Masjid kepada jemaah Masjid Raya At-Takwa, Matraman, Jakarta Timur, Jumat (6/1/2023). Secara simbolis bantuan tersebut diserahkan oleh Wapres Ma`ruf kepada perwakilan penerima manfaat jemaah Masjid RayaAt-Takwa. 

Wapres Ma`ruf menyampaikan, bantuan dari BAZNAS kepada para pedagang kecil ini bertujuan untuk memperbesar usahanya. Hal itu dilakukan dalam rangka penguatan usaha masyarakat. 

“Alhamdulillah sudah banyak yang menerima, dan kita harapkan banyak yang bisa diberdayakan. Oleh karena itu kita harapkan doanya supaya para pemberi zakat (muzaki) semakin hari semakin banyak. Kalau saja semua orang yang sudah wajib zakat mengeluarkan zakatnya, insyaAllah tidak ada lagi orang miskin lagi di Indonesia,” jelasnya. 

Wapres Ma`ruf juga berharap, bantuan yang diberikan dapat mengubah para penerima manfaat (mustahik) sehingga bisa menjadi pemberi zakat. “Kalau kita bisa terus mendorong ini maka lama-lama jumlah mustahik akan makin kecil dan muzakinya makin besar. Ini berarti kesejahteraan masyarakat akan meningkat,” kata Wapres Ma`ruf. 

BACAAN LAIN:
Pengaruh Yahudi dan Nasrani dalam Kesesatan Bangsa Arab Sebelum Islam

 

Sementara itu, Wakil Ketua BAZNAS RI Mokhamad Mahdum menjelaskan, terdapat 35 mustahik pelaku usaha mikro jemaah Masjid At-Takwa yang memperoleh pembiayaan BAZNAS Microfinance Masjid dengan total pembiayaan Rp 105.000.000.

“Pelaku UMKM yang diberi bantuan ini merupakan jemaah Masjid At-Takwa ini sifatnya adalah modal kerja untuk pengusaha kecil. Harapannya mudah-mudahan bantuan ini menjadi penguat bagi usaha mereka,” ujar Mahdum. 

Mahdum menegaskan, BAZNAS sangat peduli dengan para mustahik. BAZNAS juga akan mendorong dengan intervensi program-program unggulannya sehingga mampu mengubah mustahik menjadi muzaki. 

BACAAN LAIN:
Soal Jilbab Pramugari, Anggota DPR: Penggunaan Jilbab di Manapun Seharusnya Boleh

Program BAZNAS Microfinance Masjid merupakan produk Bank Zakat Mikro yang telah berjalan di 20 masjid Jabodetabek pada tahap awal ini, dua Masjid di Jawa Tengah, serta satu Masjid di Papua. Program ini telah memberi manfaat kepada ratusan jiwa yang tersebar di 20 lebih masjid dengan total bantuan sebesar Rp1,7 miliar untuk membantu perkembangan jemaah. Angka ini masih akan bertambah karena BAZNAS ingin mengembangkan pemberian bantuan agar lebih luas, sehingga semakin banyak masyarakat rentan yang terbantu.

Dalam acara ini, juga turut Hadir Wakil Ketua BAZNAS RI Mokhamad Mahdum, Pimpinan BAZNAS RI Prof (HC) Dr. H. Zainulbahar Noor, SE, M.Ec, Deputi I BAZNAS RI M. Arifin Purwakananta, Deputi II BAZNAS RI Dr. H. M. Imdadun Rahmat, M.Si, DKM Masjid Raya At-Taqwa Jakarta Timur, Achmad Yani.

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Wakil Presiden Ma’ruf Amin Serahkan Program Bantuan Baznas Microfinance Masjid di Jakarta
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!