IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Merosotnya Jumlah Penganut Kristen dan Naiknya Populasi Muslim di Inggris, Ada Apa?

Merosotnya Jumlah Penganut Kristen dan Naiknya Populasi Muslim di Inggris, Ada Apa?

Islam di Inggris terus tumbuh seiring dengan meningkatnya jumlah imigran

LONDON–Inggris saat ini masih terlihat seperti negara Kristen, terutama pada acara keagamaan dan hari raya. Namun nyatanya, sebagian besar warga Inggris tidak lagi terhubung dengan hal-hal tersebut melalui keyakinan agama.

Dilansir dari Arabic Post, Kamis (12/1/2023), saat ini, banyak orang Inggris merayakan Natal, berkumpul, bersenang-senang hingga berbelanja tapi tidak pergi ke kebaktian gereja.

Kemudian selama bertahun-tahun, hanya sebagian kecil orang Inggris yang secara teratur pergi ke gereja. Bahkan statistik dan jajak pendapat menunjukkan bahwa angka tersebut sekarang hanya sekitar 5 persen.

Kemunduran agama Kristen di Inggris mencapai momen yang menentukan pada 30 November 2022, ketika Kantor Statistik Nasional Inggris menerbitkan serangkaian angka baru dari sensus 2021.

Data menunjukkan, untuk pertama kalinya, bahwa kurang dari setengah populasi Inggris dan Wales mengidentifikasikan diri mereka sebagai orang Kristen. Jumlahnya turun 13 persen dalam satu dekade, mencapai 27,5 juta orang.

Sementara jumlah mereka yang mengidentifikasikan diri sebagai tidak beragama atau ateis tumbuh sebesar 12 persen menjadi 22,2 juta orang. 

Bahkan ketika Inggris menjadi lebih sekuler, beberapa agama berkembang. Sensus menunjukkan bahwa jumlah umat Islam telah meningkat sebesar 44 persen, dan sekarang menjadi 7 persen dari populasi. Sementara jumlah pemeluk Hindu Inggris mencapai satu juta untuk pertama kalinya pada 2021.

Angka tersebut menunjukkan bahwa Islam adalah agama dengan pertumbuhan tercepat di negara ini selama satu dekade terakhir. Sensus mengungkapkan peningkatan yang signifikan dalam jumlah orang yang mengidentifikasi diri mereka sebagai Muslim sebesar 44 persen selama sepuluh tahun terakhir.

Baca juga: Al-Fatihah Giring Sang Ateis Stijn Ledegen Jadi Mualaf: Islam Agama Paling Murni

 

Jumlah Muslim meningkat dari 2,7 juta orang pada 2011 menjadi 3,9 juta pada 2021, meningkat 1,2 juta Muslim dalam 10 tahun, dan Muslim sekarang merupakan 6,5 persen dari total populasi Inggris.

Apa arti pergeseran ini? 

Perubahan ini mencerminkan perubahan demografis yang signifikan, dengan angka yang menunjukkan bahwa satu dari enam orang yang disurvei lahir di luar negeri, dibandingkan dengan satu dari 10 orang pada dekade lalu. Saat ini bahkan dikenal ada 3 kota ‘mayoritas-minoritas’: Birmingham (51,4 persen), Leicester (59,1 persen) dan Luton (54,8 persen). 

Sumber: Republika

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Merosotnya Jumlah Penganut Kristen dan Naiknya Populasi Muslim di Inggris, Ada Apa?
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!