Sabtu, 27/04/2024 - 10:04 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AMERIKAINTERNASIONAL

FDA Setujui 37 Obat Baru di 2022

ADVERTISEMENTS

Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan 2021 yang menyetujui 50 obat baru.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA — Tahun lalu menjadi tahun yang relatif lambat untuk persetujuan obat baru oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA). Badan tersebut menyetujui 37 entitas molekul baru pada tahun 2022.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Sebagai perbandingan, ada 50 persetujuan baru pada tahun 2021, 53 pada tahun 2020, 48 pada tahun 2019, dan rekor tertinggi 59 pada tahun 2018. Sebanyak 17 obat baru pada tahun 2022 adalah molekul kecil, akuntansi untuk 46 persen. Itu juga merupakan penurunan dari tahun 2021 dan 2020, ketika molekul kecil masing-masing terdiri dari 62 dan 66 persen obat baru.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Uskup Agung: Kunjungan Paus Tegaskan Kedekatan Hubungan RI-Vatikan

Namun penurunan persetujuan tidak berarti terjadi penurunan inovasi pembuat obat. Eli Lilly and Company\’s Mounjaro (tirzepatide), suntikan mingguan untuk diabetes tipe 2, meniru dua hormon usus yang terlibat dalam regulasi gula darah-peptida 1 seperti glukagon (GLP-1) dan polipeptida insulinotropik yang bergantung pada glukosa (GIP).

ADVERTISEMENTS

“FDA pertama kali menyetujui exenatide, versi sintetik GLP-1, pada tahun 2005, tetapi Mounjaro adalah yang pertama menampilkan tiruan GIP,” seperti dikutip dari laman C&N, Ahad (22/1/2023).

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Mesir dan PBB Sepakat Israel Harus Akhiri Segera Penindasan Warga Sipil di Gaza 

Sotyktu (deucravacitinib) Bristol Myers Squibb, salah satu dari beberapa perawatan untuk psoriasis yang disetujui pada tahun 2022, adalah obat pertama yang memasukkan deuterium sejak awal.

Penggemar molekul juga akan menghargai struktur kompleks pengobatan HIV Gilead Sciences Sunlenca (lenacapavir) yang dihiasi fluorin.

Pusat Evaluasi dan Penelitian Obat FDA telah melakukan evaluasi, dan laporan ini tidak menyertakan produk darah, terapi gen, vaksin, dan terapi lain yang disetujui. Misalnya, pusat ini menyetujui Moderna’s Spikevax, vaksin messenger RNA yang dirancang untuk mencegah Covid-19, pada Januari 2022. 

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi