Sabtu, 15/06/2024 - 23:27 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Cara Merawat Luka Agar tak Berbekas

Pembentukan bekas luka umumnya terjadi dalam enam bulan pertama setelah cedera.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Bekas luka yang menetap di kulit mungkin membuat sebagian orang merasa terganggu. Penyebab lukanya bisa beragam, seperti tergores, cedera, atau akibat jahitan.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Apa pun pemicunya, seseorang pasti ingin membuat bekas luka tidak bertahan lama. Untuk meminimalisasi pembentukan bekas luka, seseorang perlu mengatasi penyembuhan luka, yang merupakan proses yang kompleks.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Ada tiga fase utama dalam pembentukan itu, yakni peradangan, proliferasi, dan renovasi. Ketiganya diatur oleh bahan kimia pensinyalan tubuh khusus yang bekerja pada lapisan kulit.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Profesor dermatologi di Bond University, Michael Freeman, menjelaskan bahwa sebagian besar pembentukan bekas luka terjadi dalam enam bulan pertama setelah cedera. Fase pertama, yakni peradangan, terjadi untuk menghilangkan bakteri dan membawa suplai darah.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Dokter: Olahraga Bantu Perbaiki Kondisi Kesehatan Penderita Diabetes  

Idealnya, bakteri akan dikeluarkan dari kulit jika sudah diantisipasi adanya luka, seperti sebelum operasi. Membersihkan luka untuk menghilangkan bakteri dan spora bakteri penting untuk penyembuhan dan harus dilakukan dalam waktu dua jam setelah cedera.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Mengaplikasikan povidone-iodine akan membantu mengurangi kemungkinan aktivasi spora bakteri. Reaksi alami tubuh di fase ini meliputi pembentukan hidrogen peroksida.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Hanya saja, aplikasi eksternal dari antiseptik alami dapat memperlambat penyembuhan luka. Larutan antiseptik lemah yang mengandung perak (dengan saran yang tepat dari dokter atau apoteker) dapat memperbaiki pembentukan bekas luka.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Selanjutnya, ada fase proliferasi, yakni saat sel-sel pembuluh darah, sel-sel epidermis, dan fibroblas berkembang biak. Fibroblas merupakan sejenis sel yang membantu membuat kolagen untuk menopang jaringan ikat dan menyebabkan kontraksi bekas luka sehingga dapat “mengerutkan” kulit. Itu sebabnya bekas luka cenderung berwarna putih dan sedikit berkilau setelah kemerahan mereda.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK
Berita Lainnya:
Pengobatan Parkinson Canggih dengan Cara Otak Pasien Ditanam Cip

Kolagen, protein tubuh paling melimpah yang membantu membuat kulit kuat, terus diproduksi dan “dipecah” oleh tubuh. Hal ini dapat memiliki efek berkelanjutan pada munculnya luka matang setidaknya selama enam bulan setelah pembentukan bekas luka.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Berikutnya adalah fase renovasi. Pembentukan bekas luka hipertrofik (yang terangkat di atas permukaan kulit tetapi berkurang perlahan) atau bekas luka keloid (yang menyebar di luar lokasi cedera dan tidak berkurang kemudian) lazimnya ditentukan secara genetik dan terkait dengan jenis cedera dan perawatan lukanya.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Untuk luka yang bersih dan tidak terinfeksi, Freeman menganjurkan pengaplikasian hidrogel (polimer yang mempertahankan kelembapan dan tidak larut) guna mempercepat penyembuhan. Syaratnya, tidak boleh ada infeksi pada luka.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

وَيَوْمَ نُسَيِّرُ الْجِبَالَ وَتَرَى الْأَرْضَ بَارِزَةً وَحَشَرْنَاهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ أَحَدًا الكهف [47] Listen
And [warn of] the Day when We will remove the mountains and you will see the earth prominent, and We will gather them and not leave behind from them anyone. Al-Kahf ( The Cave ) [47] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi