Sabtu, 04/05/2024 - 11:59 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Korban Jiwa Gempa Turki dan Suriah Di Atas 7.800 Orang

ADVERTISEMENTS

Ribuan anak-anak mungkin meninggal dunia dalam gempa Turki dan Suriah

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

ANTAKYA — Total korban jiwa gempa di selatan Turki dan Suriah menjadi lebih dari 7.800 orang. Tim penyelamat berlomba dengan waktu di musim dingin yang membekukan untuk mengeluarkan para penyintas dari reruntuhan bangunan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Saat skala bencana semakin jelas total korban jiwa diperkirakan akan bertambah kembali. Seorang pejabat PBB mengatakan ribuan anak-anak mungkin meninggal dunia dalam bencana ini.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Presiden Turki Tayyip Erdogan mendeklarasikan masa darurat di 10 provinsi. Tapi warga di kota-kota yang terdampak gempa menyuarakan kegeraman dan amarah atas sedikit dan lambatnya respon pemerintah pada gempa bumi paling mematikan di Turki sejak 1999.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

“Bahkan tidak ada satu orang pun di sini, kami di bawah salju, tanpa rumah, tanpa apa pun, apa yang harus saya lakukan, kemana saya bisa pergi? kata Murat Alinak yang rumahnya di Malatya ambruk, Selasa (7/2/2023).

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Australia Isyaratkan akan Akui Palestina Sebagai Negara

Gempa bermagnitudo 7,8 diikuti gempa kedua yang hampir sama kuatnya meruntuhkan gedung-gedung termasuk rumah sakit, sekolah dan blok apartemen. Bencana itu melukai puluhan ribu orang dan mengakibatkan banyak warga Turki dan utara Suriah menjadi tuna wisma.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Tim penyelamat kesulitan mencapai daerah-daerah yang paling terdampak gempa. Mereka terhalangan jalanan rusak, cuaca buruk, sedikitnya sumber daya dan beratnya peralatan. Beberapa daerah tidak dialiri listrik dan tidak memiliki bahan bakar.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Dengan sedikitnya bantuan cepat, warga menyisir puing-puing tanpa peralatan yang memadai untuk mencari orang-orang yang masih berada di bawah reruntuhan. Petugas kemanusiaan menyuarakan keprihatinan di Suriah yang sudah mengalami krisis kemanusian usai dilanda perang sipil selama 12 tahun.

Berita Lainnya:
Iran-Israel Berbalas Serangan, Uni Eropa Sebut ada Sinyal Deeskalasi

Erdogan mendeklarasikan zona bencana dan masa darurat selama tiga bulan di 10 provinsi. Langkah ini mengizinkan pemerintah melewati parlemen untuk memberlakukan undang-undang dan membatasi atau menangguhkan hak asasi dan kebebasan.

Erdogan mengatakan pemerintah akan membuka hotel-hotel di pusat wisata Antalya sebagai tempat penampungan sementara bagi warga yang terdampak gempa. Erdogan akan menghadapi pemilihan umum berat tiga bulan lagi.

Wakil Presiden Turki Fuat Oktay mengatakan korban jiwa di negaranya menjadi 5.894 orang dan lebih dari 34.000 lainnya terluka. Pemerintah Suriah mengatakan korban tewas akibat gempa awal pekan ini sebanyak 1.932.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi