Sabtu, 27/04/2024 - 03:46 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

14 Truk Bantuan Kemanusiaan Tiba di Suriah Utara

ADVERTISEMENTS

Konvoi bantuan PBB kloter pertama telah menyeberang ke barat laut Suriah via Turki.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 ANKARA — Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) mengatakan, 14 truk yang membawa bantuan kemanusiaan telah menyeberang ke Suriah utara dari Turki pada Jumat (10/2/2023). Juru bicara IOM, Paul Dillon mengatakan, bantuan itu akan didistribusikan ke Idlib.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Konvoi ini membawa pemanas listrik, tenda, selimut, dan barang-barang lainnya untuk membantu orang-orang yang terlantar akibat bencana gempa ini,” kata Dillon.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Sebelumnya Program Pangan Dunia (WFP) mengatakan, mereka kehabisan stok di Suriah barat laut dan menyerukan untuk membuka lebih banyak penyeberangan perbatasan dari Turki setelah dilanda gempa dahsyat. Direktur Regional WFP di Timur Tengah, Afrika Utara dan  Eropa Timur, Corinne Fleischer, mengatakan, 90 persen penduduk di Suriah barat laut bergantung pada bantuan kemanusiaan.

ADVERTISEMENTS

“Kami telah menjangkau orang-orang di sana, tetapi kami perlu mengisi kembali persediaan kami. Kami kehabisan stok dan membutuhkan akses untuk membawa stok baru. Penyeberangan perbatasan dibuka sekarang, tetapi kami perlu membuka penyeberangan perbatasan baru,” ujar Fleischer.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Israel Coba Cegah Sanksi AS pada Unit Militer di Tepi Barat

Sebelumnya konvoi bantuan PBB kloter pertama telah menyeberang ke barat laut Suriah melalui Turki. Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan  (OCHA) mengatakan, enam truk barang-barang untuk tempat berlindung dan barang-barang non-makanan, termasuk selimut dan perlengkapan kebersihan” mencapai Bab al-Hawa pada Kamis (9/2/2023).

Bab al-Hawa merupakan satu-satunya penyeberangan perbatasan yang disahkan oleh Dewan Keamanan PBB untuk pengiriman bantuan ke Suriah. Kepala OCHA di Turki, Sanjana Quazi mengatakan, operasi bantuan lintas batas PBB telah diaktifkan kembali.

“Kami lega bahwa kami dapat menjangkau orang-orang di barat laut Suriah dalam waktu yang mendesak ini.  Kami berharap operasi ini berlanjut karena ini adalah jalur kemanusiaan dan satu-satunya saluran yang dapat diskalakan,” ujar Quazi, dilaporkan Aljazirah, Kamis (9/2/2023).

Berita Lainnya:
Polisi Pakistan Tangkap 12 Orang Terkait Serangan Bom Bunuh Diri 

Dalam waktu dekat konvoi truk akan membawa beragam jenis bantuan yang disediakan oleh berbagai badan PBB, seperti pasokan medis dan bahan makanan. Aliran bantuan kemanusiaan untuk sementara terganggu sejak gempa dini hari pertama terjadi pada Senin (6/2/2023). Gempa masalah logistik dan kerusakan jalan yang menghubungkan Gaziantep ke pusat transhipment PBB di Hatay.

OCHA pada Rabu (8/2/2023) mengatakan, pihaknya telah mengidentifikasi dua rute alternatif untuk mencapai hub dari Gaziantep, melalui Kilis-Kirikhan dan dari Mersin melalui Adana-Kirikhan. Kepala organisasi masyarakat sipil Baytna Syria, Assaad Al-Achi, mengatakan, pemerintah Turki telah mengizinkan bantuan untuk melewati dua penyeberangan tambahan, yaitu Bab al-Salama dan al-Rai. Namun, pejabat OCHA mengatakan Bab al-Hawa tetap menjadi satu-satunya jalur yang layak untuk bantuan PBB.

 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi