Sabtu, 27/04/2024 - 08:22 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Kisah Direktur Galeri Seni Ukraina Selamatkan Koleksi Lukisan Saat Serangan Rusia

ADVERTISEMENTS

 JENEWA — Ketika Rusia mengirim pasukan ke Ukraina setahun yang lalu, Direktur Galeri Seni Nasional di Kiev, Yuri Vakulenko memikirkan keamanan lukisan. Saat sirene udara berbunyi, Vakulenko mengemasi tas dan menuju ke galeri.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Dia menghabiskan 66 hari tinggal di ruang bawah tanah, dengan mengenakan rompi antipeluru dan masker gas, serta menjaga koleksi lukisan milik Galeri Seni Nasional.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Vakulenko bertanya kepada museum-museum Eropa apakah mereka tertarik untuk mengadakan versi modifikasi dari dua pameran yang telah diadakan di Ukraina. Dua museum Swiss, yaitu Musee d’Art et d’Histoire di Jenewa dan Kunstmuseum Basel setuju dengan tawaran Vakulenko.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Ini adalah ide yang akan memungkinkan lukisan kami berada di tempat yang aman sambil membiarkan galeri kami terus berjuang di bidang budaya,” kata Vakulenko kepada Reuters. 

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Soal Veto, Rusia: AS Sudah Membuka Kedoknya, Tunjukkan Sikap Sebenarnya Terhadap Palestina

Museum di Jenewa mengambil lukisan dari Museum Prado Madrid selama perang saudara Spanyol pada 1930-an. Kedua museum Swiss itu mengirimkan bahan pengepakan untuk memastikan transportasi yang aman bagi koleksi lukisan Galeri Seni Nasional Ukraina.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Peti yang berisi lukisan diangkut dari Ukraina, beberapa minggu setelah jendela galeri Kiev hancur oleh guncangan serangan di sekitarnya. Vakulenko mengatakan, pengiriman lukisan dilakukan melalui jalan darat selama dua hari dengan melintasi perbatasan Polandia. Pengiriman lukisan ini dikawal oleh keamanan yang ketat.

“Yang paling penting adalah menjaga kerahasiaan pergerakan kargo di wilayah Ukraina. Rincian pergerakan kargo hanya diketahui oleh segelintir orang yang terkait langsung dengan proses transportasi dan keamanan,” kata Vakulenko.

Berita Lainnya:
Radio Taiwan Internasional adakan "Kartini Taiwan Music Festival"

Pameran di Basel memamerkan 49 karya dari abad ke-18 hingga ke-20 oleh seniman kelahiran Ukraina, seperti Ilya Repin dan Volodymyr Borovykovsky.  Banyak pelukis besar di Rusia sehingga karya mereka berkairan dengan kekaisaran Uni Soviet.

Pameran ini menantang konsep bahwa, karya tersebut cocok dengan pemahaman seni Rusia yang menyeluruh. “Itu adalah proyek penting untuk memahami narasi koleksi mereka, dan juga untuk melihat sejarah (mereka) secara lebih kritis dan sadar,” kata asisten kurator di Kunstmuseum Basel, Olga Osadtschy.

“Kita semua terbiasa dengan label ‘seni Rusia’ ini, tetapi ada jauh lebih banyak lagi di dalamnya,” ujar Osadtschy menambahkan.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi