Jumat, 26/04/2024 - 20:13 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Ali bin Abi Thalib Mengajak Bicara Penghuni Kubur, Ini Hikmahnya

ADVERTISEMENTS

Warga berdoa di makam keluarganya di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cikadut, Mandalajati, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (20/3/2023). Menjelang bulan suci Ramadhan, TPU Covid-19 Cikadut ramai dikunjungi peziarah yang datang untuk mendoakan keluarga serta kerabat yang telah wafat.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Sayidina Ali bin Abi Thalib pernah suatu hari mendatangi sebuah kuburan. Sayyidina Ali  mengajak bercakap-cakap para penghuni kubur untuk berbagai informasi tentang keadaan di dunia dan akhirat. Ia lalu mengabarkan kepada para penghuni kubur tentang keadaan harta mereka, anak-anak mereka dan juga rumah-rumah mereka setelah mereka mati. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

وروي عن علي بن أبي طالب رضي الله عنه أنه خرج إلى المقبرة ، فلما أشرف عليها قال: يا أهل القبور أخبرونا عنكم، أو نخبركم، أما خبر من قبلنا: فالمال قد اقتسم: والنساء قد تزوجن، والمساكن قد سكنها قوم غيركم، ثم قال : أما والله لو استطاعوا لقالوا : لم نرد زادا خيرا من التقوى. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu Anhu, bahwa sayyidina Ali pergi ke kuburan. Maka sesampainya disana, sayidina Alinberkata: Wahai penduduk kubur kabarkanlah pada kami tentang keadaan kalian, atau kami mengabarkan pada kalian. Adapun kabar dari kami adalah hartamu benar-benar telah dibagi-bagikan, dan anak-anak perempuanmu telah dinikahkan, dan rumah-rumahmu telah ditinggali oleh kaum lain. Kemudian sayidina Ali berkata lagi: Demi Allah, andaikan mereka dapat berbicara, maka mereka akan berkata: Tidak menginginkan kami yang lebih baik daripada takwa. (Imam Qurthubi dalam kitab at Tadzkirah pada babu maa yudzakarul mauta wal akhirota wa yuzahidu fi dunya)

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Sholat Jamak Makmum dengan Orang Mukim atau Sebaliknya, Apakah Boleh?

Dari riwayat tersebut dapat dipetik hikmah bahwa tidak ada bekal yang lebih baik untuk menghadapi kematian dan kehidupan setelah kematian kecuali ketakwaan kepada Allah SWT. Itu satu-satunya yang paling berharga yang akan menolong seseorang ketika menghadapi pertanyaan dari malaikat munkar dan malaikat nakir di alam kubur. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka ia terputus dengan segala sesuatu yang dimilikinya ketika hidup di dunia. Harta benda yang dulu diklaim adalah miliknya dan menjadi kebangganya hingga dipamer-pamerkan kepada orang lain, kelak saat dia sudah berada di liang kubur tidak akan menemaninya dan menolongnya ketika ditanya munkar nakir. Terkecuali ketika ia semasa di dunia menggunakan harta itu untuk sedekah jariyah, maka pahalanya akan terus mengalir hingga kubur. 

Berita Lainnya:
Komedian Babe Cabita Wafat, Berikut 12 Tanda Orang yang dekat dengan Kematian

Begitu juga anak-anak yang begitu dicintainya dan sangat dibanggakan. Anak-anaknya juga tak akan turut serta ke liang lahat dan dapat menolongnya. Kecuali anak-anak yang ditinggalkannya itu adalah anak-anak yang saleh yang senantiasa mendoakannya, maka doa anak saleh tersebut akan meneranginya di alam kubur. 

Begitu juga rumah-rumah yang dibangunnya seperti istana ketika hidup di dunia. Ketika dia mati, rumah itu tidak akan jadi miliknya lagi. Rumah-rumah yang memberi keteduhan padanya ketika hidup, pasti beralih kepemilikan baik itu masih pada keturunannya atau bahkan beralih pada orang lain. Maka dari itu ketakwaan sejatinya adalah satu-satunya yang berharga bagi seseorang ketika di alam kubur. 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi