Selasa, 30/04/2024 - 01:09 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Kanada Ingin Bangun Kemitraan Strategis dengan ASEAN

ADVERTISEMENTS

JAKARTA – Duta Besar Kanada untuk Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) Victoria Singmin berharap ASEAN bisa membangun kemitraan strategis dengan Kanada tahun ini.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Pada tahun ini, di bawah kepemimpinan Indonesia, kami sangat berharap bisa membangun kemitraan strategis dengan ASEAN,” kata Dubes Vicky Singmin dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (5/4/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Kanada juga ingin meluncurkan Dana Perwalian Rencana Aksi ASEAN-Kanada (ASEAN-Canada Plan of Action Trust Fund) pada tahun ini, yang bertujuan memperkuat kemitraan dagang antara ASEAN dan Kanada.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh
Berita Lainnya:
Konsisten Perjuangkan Palestina, Indonesia Terima Penghargaan dari Negara Arab

Di kesempatan yang sama, Dubes Singmin berekspektasi bahwa ASEAN akan mengalami kenaikan sebesar 1,6 persen saat negosiasi perjanjian perdagangan bebas antara ASEAN dan Kanada selesai.

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Saat negosiasi perjanjian perdagangan bebas selesai, ekspektasinya adalah Produksi Domestik Bruto (PDB) ASEAN akan naik sebesar 1,6 persen,” kata Dubes Vicky Singmin.

Dubes Singmin melanjutkan jika 1,6 persen dibentuk dalam angka maka jumlahnya adalah 39,4 miliar dolar AS (sekitar Rp588 miliar).

ASEAN dan Kanada meluncurkan negosiasi perjanjian perdagangan bebas (FTA) pada November 2021, negosiasi pertama dimulai pada bulan Agustus 2022 dan negosiasi masih berlangsung hingga saat ini.

Berita Lainnya:
Xi Jinping: Tidak Ada yang Bisa Hentikan 'Reuni Keluarga' dengan Taiwan

Dubes Singmin menyebutkan mereka mengantisipasi akan ada pertumbuhan di beberapa bidang yang menguntungkan ASEAN dan Kanada, seperti agrikultur, agro-food, sumber daya alam (SDA), teknologi, manufaktur, dan layanan keuangan.

Disebutkan juga bahwa ekspor dari ASEAN ke Kanada meningkat sebesar 29 persen pada 2022. Kanada berencana meluncurkan Gerbang Perdagangan Asia Tenggara (Southeast Asia Trade Gateway) dan menunjuk perwakilan dagang senior untuk kawasan Asia Tenggara. Selain itu, Kanada juga berencana akan membuka kantor agrikultur dan agro-food.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi