Sabtu, 04/05/2024 - 20:13 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Hati-hati, AI Justru Mudahkan Peretas Curi Kata Sandi

ADVERTISEMENTS

Kemampuan kecerdasan buatan (AI) kini memunculkan pertanyaan sekaligus kekhawatiran./ilustrasi

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA—Anda dapat berargumen bahwa kecerdasan buatan (AI) sudah ada di mana-mana. Entah bagaimana AI memperkuat gawai kita, memberi kita jawaban atas beberapa pertanyaan aneh, dan membantu dalam penulisan esai, artikel, dan hal lainnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Namun, Anda juga bisa berargumen bahwa sesuatu sebesar AI dapat digunakan untuk perbuatan dan tujuan jahat, yang itu mungkin terjadi di masa depan. Sudah ada penelitian tentang penggunaan AI untuk peretasan kata sandi, yang temuannya mengkhawatirkan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Dilansir GIZChina pada Senin (10/4/2023), sebuah perusahaan keamanan siber bernama Home Security Heroes merilis penelitian yang menunjukkan seberapa efektif dan cepat AI dalam memecahkan kata sandi. Para peneliti menggunakan alat bertenaga AI baru, PassGAN sebagai ilustrasi untuk menunjukkan mengapa keamanan kata sandi itu penting.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Potensi Hujan Lebat

Makalah tersebut menunjukkan bahwa para peneliti menganalisis lebih dari 15.680.000 kata sandi menggunakan PassGAN. Hasilnya sangat memprihatinkan karena teknologi tersebut mampu menguraikan 51 persen kata sandi populer hanya dalam satu menit. Dalam waktu sekitar satu jam, PassGAN telah menghapus sekitar 65 persen kata sandi populer, sementara 71 persen dan 81 persen lumpuh masing-masing dalam sehari dan sebulan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Namun demikian, Anda tidak harus menyerah dulu karena perusahaan menerbitkan bagan yang menguraikan kata sandi mana yang paling sulit ditebak atau membutuhkan waktu paling lama untuk dipecahkan. Alat ini mungkin membutuhkan waktu 289 tahun untuk mengetahui kata sandi 12 digit Anda, jika memiliki huruf besar dan kecil. Saat Anda menggabungkan angka dan simbol, Anda mendapatkan waktu 2.000 tahun, dan saat Anda menggabungkan keduanya, Anda mendapatkan waktu 30 ribu tahun.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Gunung Semeru Kembali Erupsi dengan Letusan Setinggi 700 Meter

Perusahaan menyarankan agar Anda menyimpan kata sandi dengan setidaknya 12 karakter. Kemudian, Anda disarankan agar menghindari penggunaan angka sederhana karena hal itu membuat sandi sangat mudah. Di situs web, misalnya, ada fitur di mana Anda dapat membuat kata sandi acak dan memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan. Laporan tersebut menyatakan bahwa ketika menambahkan kata sandi dari angka 11 digit, tertulis “Instantly”, tetapi berubah menjadi “2 triliun tahun”, untuk kata sandi 12 digit.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Ingatlah bahwa AI akan menjadi lebih kuat. Mungkin saja lebih banyak alat seperti PassGAN menjadi lebih kuat di masa mendatang. Karena itu, sebaiknya simpan kode Anda seaman mungkin. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi