Jumat, 26/04/2024 - 11:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

MBR Ingin Ambil Cicilan Rumah Tapera? Simak Lengkapnya

ADVERTISEMENTS

FLPP uang muka ringan, bebas premi asuransi, bebas PPN, angsuran hingga 20 tahun.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Lida Puspaningtyas

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Pekerja menyelesaikan pembangunan rumah bersubsidi di Kawasan Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (7/2/2023). Penyaluran KPR BTN sangat membantu masyarakat Indonesia dalam memiliki hunian layak dan terjangkau. KPR BTN juga mampu mendukung terwujudnya ekosistem perumahan Indonesia yang baik dan stabil sehingga mampu menjaga stabilitas perekonomian nasional serta mendukung program perumahan. Setelah fokus membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), Bank BTN kini mulai menyasar sektor pekerja informal

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — BP Tapera resmi meluncurkan layanan baru berupa Tabungan Rumah Tapera. Layanan tersebut ditujukan khusus bagi Masyarakat Berpengasilan Rendah (MBR) dengan tingkat pendapatan di bawah Rp 8 juta per bulan.

ADVERTISEMENTS

Rumah yang disediakan melalui Tabungan Rumah Tapera merupakan rumah bersubsidi yang tahun ini dialokasikan sebanyak 229 ribu unit. Dari jumlah itu, pemerintah mengkhususkan sebanyak 50 ribu unit bagi MBR pekerja informal bahkan yang dinilai belum bankable.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
BPS Sebut Logam Mulia Jadi Penyumbang Ekspor Terbesar Maret 2024

Komisioner BP Tapera, Adi Setianto, menuturkan, Tabungan Rumah Tapera sebetulnya merupakan langkah re-branding yang dilakukan dari yang selama ini dikenal sebagai rumah bersubsidi. Ia mengaku, anggapan masyarakat terhadap rumah bersubsidi kerap kali negatif.

Ke depan, BP Tapera ingin agar penyediaan rumah bersubsidi dapat tepat kualitas dan tepat sasaran serta memiliki lokasi yang strategis.

 

“Tabungan Rumah Tapera dikembangkan untuk membantu mempermudah jangkauan dalam penyaluran bantuan pembiayaan perumahan dengan kualitas rumah yang diharapkan baik dari sisi spesifikasi dan luasan,” kata Adi di Jakarta, Selasa (11/4/2023).

Di dalamnya terdapat layanan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Bangun Rumah (KBR), Kredit Renovasi Rumah (KRR), hingga skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Ia menuturkan, semua fasilitas pembiayaan di Rumah Tapera ditawarkan dengan bunga rendah, tetap sepanjang masa angsuran yaitu di lima persen dengan batas penghasilan di angka Rp 8 juta di luar domisili di Papua dan Papua Barat dan Rp 10 juta untuk Papua dan Papua Barat.

Berita Lainnya:
PLN Klaim Sukses Jaga Pasokan Listrik Selama Ramadhan dan Idul Fitri

“Untuk Rumah Tapera jenis KPR uang mukanya bisa nol persen dengan masa angsuran hingga 30 tahun. Sedangkan untuk KBR bisa dengan masa angsuran hingga 15 tahun dengan limit pembiayaan hingga Rp 150 juta,” kata dia.

Sedangkan untuk KRR peserta Tapera bisa memanfaatkan dengan masa tenor lima tahun dengan pembiayaan paling tinggi hingga Rp 75 juta. Untuk FLPP uang muka ringan, bebas premi asuransi, bebas PPN, selama masa angsuran hingga 20 tahun.

“Dalam waktu dekat, kami bersama Perumnas akan menyiapkan pilot project Perumahan Tapera di Kabupaten Brebes,” ungkapnya.

Sudah Beralih ke Motor Listrik? Merek Apa yang Sudah Nangkring di Garasi Kamu?

Suka Pakai Aplikasi Paylater? Favorit Kamu yang Mana?

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi