Kamis, 02/05/2024 - 18:39 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Perbanyak Bersyukur Jika Sudah Berusia 40 Tahun

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Banyak ahli psikologi Barat yang menyebut bahwa orang yang telah berusia 40 tahun telah memiliki kematangan akal, kestabilan emosi, kedewasaan dalam bersikap, serta cenderung lebih banyak melakukan kegiatan agama.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Dalam fase usia ini, ajaran Islam mengajarkan agar orang-orang yang telah mencapai usia 40 tahun memperbanyak bersyukur kepada Allah SWT dari setiap nikmat dan anugerah yang telah Allah SWT berikan. Selain itu, agar setiap orang yang telah mencapai usia tersebut lebih memperhatikan orang tuanya, berbuat baik kepada mereka dengan merawatnya dan memenuhi kebutuhannya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Sebagaimana firman Allah SWT:

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

حَتَّىٰٓ إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُۥ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِىٓ أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ ٱلَّتِىٓ أَنْعَمْتَ عَلَىَّ وَعَلَىٰ وَٰلِدَىَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَٰلِحًا تَرْضَىٰهُ وَأَصْلِحْ لِى فِى ذُرِّيَّتِىٓ ۖ إِنِّى تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّى مِنَ ٱلْمُسْلِمِينَ

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri”.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Dampak Penyakit Dengki dan Obatnya

Dalam kitab at Tadzkirah karya Imam Qurthubi dijelaskan bahwa orang yang telah mencapai usia 40 tahun waktunya untuk memperbanyak bersyukur baik pada Allah dan orang tua.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

فذكر الله عز وجل أن من بلغ الأربعين فقد آن له أن يعلم مقدار نعم الله عليه وعلى والديه ويشكرهما  

Allah mengatakan bahwa orang yang telah mencapai umur empat puluh tahun sudah waktunya untuk mulai menghitung nikmat Allah dan bersyukur kepada orang tuanya.

Maka dari itu, apabila orang yang telah berusia 40 tahun masih lalai dari mengingat Allah, lalai ibadah, lupa bersyukur, tak merawat dan berbuat baik pada orang tua, akan menemukan penyesalan di masa tuanya sebab usianya akan semakin tua dan fisiknya semakin melemah sehingga semakin menipis untuk melakukan berbagai amal kebaikan.

Berita Lainnya:
Anak Masih Bisa Berbakti pada Orang Tua yang Wafat, Begini Caranya

Orang-orang alim pada masa lalu bahkan ketika telah memasuki usia 40 tahun memilih menyendiri dalam rangka mendekatkan diri pada Allah dan menjauhkan diri dari berbagai nafsu dunia.

قال مالك رحمه الله : أدركت أهل العلم ببلدنا وهم يتطلبون الدنيا، ويخالطون الناس حتى يأتى لأحدهم أربعون سنة ، فإذا أتت عليهم اعتزلوا الناس.

Malik berkata: Aku melihat orang-orang berilmu tinggal di daerahku selalu bekerja keras untuk kehidupan dunia dan selalu bergaul satu sama lain, tetapi apabila telah berumur empat puluh, maka mereka mengasingkan diri dari orang banyak.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi