Jumat, 26/04/2024 - 23:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Mahasiswa Unair Raih Gold Award di Malaysia

ADVERTISEMENTS

 SURABAYA—Tujuh orang mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga(Unair) Surabaya meraih “Gold Award” di ajang kompetisi peneliti muda internasional atau World Youth International Exhibition 2023 di Kuala Lumpur Convention Center, Malaysia beberapa waktu lalu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Kami bersyukur, meraih predikat terbaik. Kami meraih hadiah Gold Award, dalam kategori Protection of Environment, Energy, Water and Sanitation,” katasalah satu anggota tim, Siti Khofsoh Ratu Perwira Negara dalam taklimat media di Surabaya, Jawa Timur, Selasa.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Ketujuh mahasiswa tersebut adalah Sulthan Fathi Nur Alauddin dari Teknik Lingkungan asal Situbondo; Muhammad Anang Jazuli dari Kimia asal Sidoarjo dan Firman Hidayat dari Fisika asal Lamongan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Selanjutnya, Siti Khofsoh Ratu Perwira Negara dari Biologi asal Surabaya; Aqilla Ayu Cahyani dari Teknik Lingkungan asal Mojokerto; Shifa Salsa Bila dari Fisika asal Bekasi; dan Dewi Sita Agustin Choiriah dari Fisika asal Tuban.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
70 Persen Siswa SMA Khadijah Surabaya Lolos PTN Jalur SNBP 2024

Dalam kompetisi yang diselenggarakan International Invention, Innovation, and Technology Exhibition (ITEX) itu, mereka meraih penghargaan setelah bersaing dengan 500 lebih peserta berasal dari 15 lebih negara.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Kegiatan World Youth International Exhibition yang diadakan organisasi apresiasi produk inovasi dari Malaysia, MINDS itu mengusung tema yang meliputi seluruh pilar SDGs.

Adapun karya tulis ilmiah, yang kemudian direalisasikan sebagai produk prototipe adalah edible coating untuk buah dan sayur. Ide tersebut berawal dari keprihatinan tim terhadap isu lingkungan, terutama limbah makanan yang berlimpah.

“Produk ini terbuat dari limbah kulit udang dan kulit singkong yang kemudian diekstrak menjadi kitosan dan pati sehingga dapat menjadi pelapis buah dan sayur yang aman dikonsumsi (food grade),” katanya.

Dengan inovasi tersebut diharapkan optimalisasi produk makanan dapat ditingkatkan, baik dari proses panen hingga konsumsi, sehingga kelestarian lingkungan dapat dinikmati hingga generasi jauh ke depan.

Berita Lainnya:
Gunung Semeru Tiga Kali Erupsi pada Ahad Ini

Dijelaskan bahwa proses seleksi diawali dengan pengumpulan ide produk inovasi. Baik gagasan, prototipe, atau komersil. Kemudian dilakukan proses kurasi oleh penyelenggara dengan mengeliminasi produk yang tidak sesuai dengan tema dan ketentuan.

“Tim kami telah lolos seleksi mendapatkan coaching dan bimbingan arah gerak produk. Terakhir, kegiatan exhibisi dilaksanakan dan tim terbaik mendapat apresiasi,” katanya.

Ia membagikan kiat khusus agar bisa meraih kemenangan seperti tidak pesimis untuk mengikuti kegiatan internasional dan mulai membangun mindset juara sejak dini.

Selain itu, harus miliki lingkungan yang dapat mendorong untuk maju, yakni bisa teman ataupun organisasi dan mencari informasi sebanyak banyaknya mengenai kegiatan internasional yang diinginkan, ungkap Siti Khofsoh Ratu Perwira Negara.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi