Jumat, 26/04/2024 - 11:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Rusia-Belarusia Tandatangani Dokumen Penyebaran Senjata Nuklir Taktis

ADVERTISEMENTS

FILE – Dalam foto ini diambil dari video yang didistribusikan oleh Layanan Pers Kementerian Pertahanan Rusia, pada 9 Desember 2020, seorang pembom strategis Tu-160 Rusia menembakkan rudal jelajah ke sasaran uji, selama latihan militer, Rusia. Presiden Rusia Vladimir Putin telah memperingatkan bahwa dia tidak akan ragu untuk menggunakan senjata nuklir untuk menangkal upaya Ukraina untuk merebut kembali kendali atas wilayah yang didudukinya yang akan diserap Moskow.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

MOSKOW — Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu dan Belarus Viktor Khrenin, pada Kamis (25/5/2023), menandatangani sebuah dokumen tentang penyebaran senjata nuklir taktis Rusia di Belarus, kantor berita milik pemerintah Rusia, TASS, melaporkan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Selama pertemuan, dokumen yang menentukan prosedur untuk menyimpan senjata nuklir non-strategis Rusia di fasilitas penyimpanan khusus di wilayah Republik Belarus telah ditandatangani,” kata layanan pers Kementerian Pertahanan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Jumlah Korban Gempa Taiwan Terus Bertambah

Moskow akan mempertahankan kontrol atas senjata-senjata tersebut dan setiap keputusan mengenai penggunaannya, demikian dikutip dari pernyataan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu.

ADVERTISEMENTS

“Langkah-langkah yang diambil oleh Rusia dan Belarus sesuai dengan semua kewajiban hukum internasional yang ada,” ujar Shoigu.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Kedua menteri pertahanan membahas situasi militer dan politik saat ini serta isu-isu kerja sama militer dan teknis antara kementerian pertahanan kedua negara. Rusia dan Belarus, yang merupakan sekutu dekat dalam konflik di Ukraina, sepakat pada awal tahun ini untuk mengerahkan sebagian persenjataan nuklir taktis Moskow di Belarus.

Berita Lainnya:
125 Ribu Warga Palestina Hadiri Sholat Jumat di Al Aqsa Meski Dibatasi Israel

Secara terpisah, media Rusia melaporkan bahwa Shoigu mengatakan bahwa Barat melancarkan “perang yang tidak dideklarasikan” terhadap Rusia dan Belarus.

Pada 25 Maret, Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan, atas permintaan Minsk, Moskow akan mengerahkan senjata nuklir taktisnya di Belarusia, mirip dengan apa yang telah lama dilakukan Amerika Serikat di wilayah sekutunya.

Seperti yang diindikasikan oleh pemimpin Rusia itu, pembangunan fasilitas penyimpanan senjata nuklir taktis akan selesai di Belarus pada 1 Juli.

Moskow telah menyediakan sistem rudal taktis Iskander yang mampu membawa senjata nuklir ke Minsk. Dan Rusia telah membantu Minsk untuk melengkapi pesawat militernya untuk membawa senjata khusus. Selain itu, para kru dan pilot rudal Belarusia telah menjalani pelatihan di Rusia.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi