Sabtu, 27/04/2024 - 03:11 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Para Mata-Mata Dunia Lakukan Pertemuan Rahasia di Singapura

ADVERTISEMENTS

SINGAPURA – Pejabat senior badan intelijen dari puluhan negara besar menggelar pertemuan rahasia di Singapura. Pertemuan berlangsung di antara ramainya pertemuan menteri pertahanan dunia, Shangri-La Dialogue. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Lima orang yang mengetahui pertemuan itu mengungkapkan, telah beberapa tahun Pemerintah Singapura mengorganisasi pertemuan para mata-mata tersebut. Lokasinya terpisah dari pertemuan para menhan yang digelar tahunan itu.  

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

AS diwakili Direktur Intelijen Nasional Avril Haines, Cina juga hadir meski saat ini terjadi ketegangan dengan AS. Ia di antara delegasi AS yang menghadiri Shangri-La Dialogue. Dalam diskuis mengenai keamanan siber, ia menjawab pertanyaan dari pejabat militer Cina. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Ia menyatakan, kerja sama antara kedua negara sangat penting. ‘’Ini begitu penting bahka ketika ada ketidakpercayaan, Anda masih berupaya bekerja sama pada isu-isu yang melibatkan kepentingan bersama dan mengelola agar tak terjadi eskalasi,’’ katanya. 

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Dubes Iran di PBB: Operasi Militer Terhadap Israel Upaya Membela Diri

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Sumber Pemerintah India, menuturkan, Samant Goel, kepala the Research and Analysis Wing, yang menghimpun informasi intelijen di luar negeri juga turut serta. 

‘’Pertemuan ini merupakan perangkat penting dalam agenda bayangan internasional,’’ ungkap salah satu dari lima orang yang mengetahui diskusi dalam pertemuan para mata-mata dunia seperti dilansir Reuters, Ahad (4/6/2023). 

Melihat negara yang terlibat, jelas dia, pertemuan ini bukanlah soal tukar menukar metode dan teknologi spionase tetapi lebih pada upaya saling memahami. Ada kode tak terucap di antara badan intelijen yang bisa mereka bicarakan ketika diplomasi formal dan terbuka terkendala. 

Berita Lainnya:
Iran: Israel Akan Menyesal Telah Menyerang Kami

Menurut dia, pertemuan tersebut penting selama masa ketegangan seperti sekarang. Dalam hal ini, Singapura sangat membantu. Pada Kamis (1/6/2023) malam, para kepala intelijen menggelar pertemuan informal. Tak ada perwakilan dari Rusia yang hadir. 

Wakil Menhan Ukraina Volodymr V Havrylov mengaku ikut dalam Shangri-La Dialogue tetapi tak menghadiri pertemuan intelijen. Sumber lain mengungkapkan, pertemuan intelijen berlangsung kooperatif, tak konfrontatif. 

Meski hanya secuil detail soal pertemuan, seorang sumber menyatakan, perang Rusia di Ukraina dan kejahatan transnasional menjadi topik pembicaraan Jumat (2/6/2023).

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi