Jumat, 26/04/2024 - 07:00 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Badan Pangan Pastikan Standar Keamanan Pangan Indonesia Terjaga

ADVERTISEMENTS

Kepala Badan Pangan Nasional/ National Food Agency (NFA), Arief Prasetyo Adi, memberikan keterangan pers terkait peringatan Hari Keamanan Pangan Dunia 2023 di Kota Bogor, Rabu (7/6/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 BOGOR — Dalam memperingati Hari Keamanan Pangan Dunia 2023, Badan Pangan Nasional/ National Food Agency (NFA) memastikan keamanan pangan yang ada di Indonesia terjaga. Salah satu hal yang menjadi perhatian NFA ialah keamanan pangan yang dikonsumsi masyarakat Indonesia memenuhi standar keamanan pangan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi, menegaskan peringatan Hari Keamanan Pangan Dunia bukan hanya sekadar seremoni peringatan. Namun juga menjadi tanggung jawab bersama, baik NFA, kementerian, lembaga, hingga 514 dinas di Kabupaten/ Kota se-Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Badan Pangan Tambah Fleksibilitas Bulog Beli Gabah Petani

“Inti dari Keamanan Pangan Nasional ini, dari hulu sampai dengan hilir harus mulai dijaga keamanan pangannya. Sehingga standar mutu dan keamanan pangan yang ada di Indonesia di-summit juga dengan keamanan pangan yang ada di dunia,” kata Arief ketika ditemui Republika di Kota Bogor, Rabu (7/6/2023.

ADVERTISEMENTS

Arief mengatakan, perhatian utama NFA terkait keamanan pangan yang dikonsumsi masyarakat merupakan tanggung jawab bersama. Salah satunya ialah perwakilan lima eksportir buah lokal dari Indonesia yang mewakili sekitar ribuan yang eksportir buah lokal yang sudah ada, untuk sertifikasi pangan dunia.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

“Tidak dikatakan makanan apabila tidak aman. Sehingga semua kegiatan hari ini supaya bisa diaplikasikan ke seluruh Indonesia, agar peningkatan keamanan dan mutu pangan di Indonesia bisa terus meningkat,” kata Arief.

Berita Lainnya:
Eskalasi Konflik di Timur Tengah Akan Berdampak ke Komoditas Pangan

Pakar Keamanan Pangan, Purwiyanto Haryadi, mengatakan secara umum sejarah keamanan pangan sebelumnya belum mendapat panggung yang tepat. Padahal, tujuan dari peringatan Hari Keamanan Pangan sudah jelas ialah keamanan pangan. Setelah disetujui Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Desember 2018, akhirnya Hari Keamanan Pangan mulai diperingati pertama kali pada 7 Juni 2019.

“Jadi ini momentum supaya kita semua mulai menyadari, bahwa setiap orang yang berurusan dengan pangan itu mempunyai tanggung jawab untuk memastikan bahwa pangan yang di-handle, diproduksi, diperdagangkan yang nanti akhirnya dikonsumsi oleh kita semua (konsumen), itu adalah aman,” jelasnya.

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi