Selasa, 30/04/2024 - 00:05 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Permudah Investor Akses Data, Bursa Rilis Aplikasi IDX Mobile

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — PT Bursa Efek Indonesia (BEI) merilis aplikasi IDX Mobile untuk memudahkan investor mengakses data pasar modal. Bersifat real time, aplikasi ini bisa dimanfaatkan oleh investor dalam proses pengambilan keputusan investasi.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“IDX Mobile menyediakan beragam informasi mulai dari harga saham, indeks, berita perusahaan tercatat, laporan keuangan, komoditas dan lainnya,” jelas Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI, Irvan Susandy, Kamis (15/6/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Menurut Irvan, tujuan diluncurkannya aplikasi ini untuk mendukung peningkatan literasi pasar modal yang masih sangat rendah yaitu 4,1 persen pada 2022. Bahkan saat ini tingkat inklusi pasar modal sudah lebih tinggi yaitu 5,2 persen. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
ITDC Kebut Konstruksi Jaringan Pipa Gas Alam di The Nusa Dua Bali
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Hal tersebut juga tercermin dari jumlah investor yang meningkat tajam setiap tahunnya. Hingga Mei 2023, jumlah investor pasar modal sudah mencapai 11,1 juta, naik signifikan dari 2018 yang jumlahnya 1,6 juta investor atau tumbuh 591 persen dalam lima tahun terakhir.

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Dengan tingginya tingkat literasi dibanding inklusi, lanjut Irvan, para investor berpotensi melakukan investasi tanpa bekal informasi dan pengetahuan yang cukup. Untuk itu, diperlukan aplikasi informatif yang dapat diakses investor kapanpun dengan mudah.

“Seiring bertambahnya jumlah investor, kami berupaya memberikan fasilitas dan kemudahan bagi investor terutama ritel untuk dapat mengakses data dan informasi yang disediakan oleh Bursa,” kata Irvan.

Berita Lainnya:
Usai Korupsi Timah yang Fenomenal, DPR Soroti Ekspor Bangka Belitung Anjlok

Hampir seluruh fitur pada aplikasi ini dapat diakses secara gratis. Namun ada beberapa fitur yang hanya bisa diakses secara premium atau berbayar, salah satunya fitur Virtual Trading. Dengan fitur ini, investor bisa melakukan latihan atau simulasi transaksi jual beli saham. 

Menurut Irvan, BEI masih terus melakukan pengembangan-pengembangan pada aplikasi IDX Mobile. Lebih jauh, IDX Mobile akan dikembangkan menjadi aplikasi super atau Super Apps BEI. 

Ke depan, aplikasi ini diharapkan dapat menjadi alat bagi SRO lainnya seperti Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan Kliring Penjamin Efek Indonesia (KPEI) dalam menyebarkan informasi. Saat ini, IDX Mobile sudah bisa diunduh melalui Google Play dan App Store. 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi