Minggu, 05/05/2024 - 01:40 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Cina Minta Belanda tak Rusak Kerja Sama Bilateral di Industri Semikonduktor

ADVERTISEMENTS

BEIJING — Kementerian Perdagangan Cina mengatakan Cina mendesak Belanda untuk tidak merusak kerja sama bilateral di industri semikonduktor. Beijing juga meminta Den Haag tidak melanggar kontrol ekspor.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Pernyataan Ahad (2/7/2023) disampaikan saat merespon pernyataan media. Kementerian juga mengatakan dua negara sudah sering berkomunikasi di berbagai tingkatan mengenai topik ini.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Pada Jumat (30/6/2023) lalu pemerintah Belanda mengumumkan larangan baru ekspor sejumlah perangkat semikonduktor ke Cina. Meningkatkan upaya yang dipimpin Amerika Serikat (AS) dalam menahan pasokan komponen teknologi canggih ke Cina.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Pada bulan Maret lalu pemerintah Belanda mengatakan berencana membatasi ekspor teknologi semikonduktor untuk melindungi keamanan nasionalnya. Pengumuman ini langkah konkret pertama Belanda dalam upaya untuk menahan industri cip dan memperlambat kemajuan teknologi Cina.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Pada Oktober lalu AS memberlakukan larangan ekspor alat produksi cip ke Cina. Namun langkah ini hanya bisa efektif bila pemasok kunci lainnya dari Belanda dan Jepang yang juga memproduksi teknologi pembuatan cip juga sepakat. Negara-negara sekutu sudah membahas masalah ini selama berbulan-bulan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
AS Desak Cina dan Rusia tak Libatkan Kecerdasan Buatan dalam Urusan Senjata Nuklir

Pengumuman bulan Maret itu Menteri Perdagangan Belanda Liesje Schreinemacher sampaikan dalam suratnya ke parlemen. Ia mengatakan pembatasan akan diperkenalkan sebelum musim panas.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Ia tidak menyebut Cina yang merupakan mitra dagang penting Belanda, dalam suratnya. Schreinemacher juga tidak menyinggung ASML Holding NV, perusahaan teknologi terbesar Eropa dan pemasok besar pabrik-pabrik semikonduktor.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Ia hanya merujuk satu teknologi yang akan terdampak yaitu adalah sistem litografi “DUV”. Mesin paling canggih kedua yang ASML jual ke pabrik-pabrik cip komputer.

“Atas pertimbangan keamanan nasional Belanda perlu mengawasi teknologi ini secepatnya, Kabinet akan memperkenalkan daftar pengendalian nasional,” kata Schreinemacher, dalam suratnya

Dalam tanggapannya ASML mengatakan mereka sudah memperkirakan mengajukan izin untuk ekspor segmen tercanggihnya termasuk mesin DUV. Tapi hal itu tidak akan berdampak pada pedoman keuangan tahun 2023.

Berita Lainnya:
Empat Penegak Hukum AS Tewas dalam Baku Tembak

ASLM mendominasi pasar sistem litografi, mesin senilai jutaan dolar itu menggunakan laser kuat untuk memproduksi sirkuit cip komputer dalam hitungan menit.

Perusahaan itu memperkirakan penjualan ke Cina tetap 2,2 miliar euro pada tahun 2023. Hal ini mengisyaratkan penyusutan relatif sebab ASML mengharapkan penjualannya tumbuh 25 persen. Konsumen besar ASML seperti Taiwan Semiconductor Manufacturing CO dan Intel Corp terlibat dalam ekspansi kapasitas perusahaan itu.

ASML tidak pernah menjual teknologi tercanggihnya, mesin “EUV” ke konsumen di Cina. Penjualan DUV ke Cina juga dilakukan dengan pabrik yang tidak terlalu canggih. Konsumennya terbesar di Korea Selatan, Samsung and SK Hynix memiliki kapasitas pabrik yang besar di Cina.  

Pengumuman Belanda masih menyisakan pertanyaan, salah satunya apakah ASML masih bisa melayani konsumen Cina yang telah membeli DUV sejak tahun 2014. Nilai penjualan ke Cina mencapai lebih dari 8 miliar euro.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi