Minggu, 05/05/2024 - 12:10 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Gelar Batik Nusantara 2023, Yayasan Batik Indonesia Bawa Kekhasan Indramayu Jabar

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Setelah sempat terhenti akibat pandemi Covid-19, Yayasan Batik Indonesia (YBI) kembali menggelar acara dua tahunan mereka, Gelar Batik Nusantara (GBN) 2023 dengan tema “Batik, Bangkit!” Keindahan Karya Batik Indramayu, Jawa Barat. YBI telah mendapatkan lisensi sebagai anggota Non-Governmental Organization (NGO) – The United Nations Educational Scientific and Cultural Education (UNESCO) No. 90487. YBI sejalan dengan program UNESCO turut mengembangkan program budaya salah satunya dengan acara Gelar Batik Nusantara 2023. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Pemilihan Batik Indramayu pada tema tahun ini didasari oleh ketertarikan YBI dengan karateristik dari Batik Complongan Khas Indramayu yang unik. Ketua Yayasan Batik Indonesia Gita Pratama menyatakan, pihaknya terpesona dengan keunikan batik complongan dan merasa berkewajiban untuk memperkenalkannya kepada masyarakat nasional dan internasional. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Melalui GBN, kami memberikan kesempatan bagi Kabupaten Indramayu untuk mempromosikan batik complongan dan gaya batik khas lainnya. Kita memilih batik complongan selain unik cara pembuatannya, juga baru saja mendapat Indikasi Geografis dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum tahun 2023 ini,” kata dia seperti dilansir pada Ahad (9/7/2023). 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Sarat Nilai Religi, Tradisi 'Maleman' Dilirik Jadi Potensi Wisata
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Tak hanya batik Indramayu, pengunjung GBN berkesempatan berinteraksi langsung dengan perajin berbakat, mendapatkan wawasan tentang teknik-teknik rumit dan kisah di balik setiap karya dari pengarajin batik seluruh Indonesia. Mereka juga dapat melakukan pembelian untuk mendukung industri batik tanah air. 

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Selain area pameran dan penjualan, acara ini juga akan mengadakan workshop, seminar, fashion show, high tea dan juga fun walk yang menampilkan perpaduan dinamis antara batik dengan gaya modern. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Ketua Panitia Acara Gelar Batik Nusantara 2023 Diana Santosa menyampaikan kegembiraannya. GBN akan diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 2-6 Agustus 2023. Acara ini akan mencakup pameran batik dan memamerkan produk unggulan dari berbagai daerah.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Diharapkan pasar batik Indonesia akan semakin berkembang dan maju dengan banyaknya ideide baru yang GBN sajikan untuk menginspirasi pembatik di waktu yang akan datang,” kata dia. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

GBN menjadi platform bagi para perajin dan para profesional industri untuk memperluas wawasan mereka mengenai tren fesyen, warna, dan inovasi, baik dalam proses maupun teknologi yang terlibat. 

Berita Lainnya:
MPR Apresiasi FIR Kepulauan Riau-Natuna Kini Dikuasai Penuh RI

Acara ini memberikan wawasan dan peluang berharga bagi semua pihak terkait untuk belajar dan beradaptasi di bidang dan industri masing-masing. Tentang Yayasan Batik Indonesia: Yayasan Batik Indonesia (YBI) didirikan pada tanggal 28 Oktober 1994 dan diprakarsai oleh Jultin Ginandjar Kartasasmita, Firdaus Ali, dan Dipo Alam MEM. 

YBI merupakan organisasi yang mendedikasikan dirinya untuk melestarikan, melindungi, mengembangkan, dan mempromosikan batik nasional sebagai warisan budaya Indonesia. YBI telah berperan aktif dalam memajukan usaha kerajinan batik dengan fokus pada peningkatan nilai ekonomi, yang pada akhirnya akan mendorong pemerataan dan peningkatan pendapatan bagi perajin atau pengusaha batik kecil dan tradisional. 

Lisensi NGO dari UNESCO juga menjadi bukti penghargaan terhadap upaya YBI dalam melestarikan dan mempromosikan kekayaan budaya batik Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut tentang Gelar Batik Nusantara 2023 dan Yayasan Batik Indonesia, kunjungi website dan media sosial resmi di gelarbatiknusantara.com beserta akun Instagram Yayasan Batik Indonesia yaitu @ybi.official juga Gelar Batik Nusantara yaitu @gelarbatiknusantara.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi