Minggu, 05/05/2024 - 02:23 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Peringati 50 Tahun Kemitraan, Jepang Undang Pemimpin ASEAN ke Tokyo

ADVERTISEMENTS

(kiri ke kanan) Menlu Filipina Enrique Manalo, Menlu Singapura Vivian Balakrishnan, SOM Leader Thailand Sarun Charoensuwan, Menlu Vietnam Bui Thanh Son, Menlu Jepang Hayashi Yoshimasa, Menlu Korea Selatan Park Jin, Menlu Retno Marsudi, Diplomat Senior China Wang Yi, Menlu Laos Saleumxay Kommasith, Menlu Brunei Darussalam Erywan Pehin Yusof, Menlu Kamboja Prak Sokhonn, Menlu Malaysia Zambry Abdul Kadir, Menlu Timor Leste Bendito dos Santos Freitas, dan Sekjen ASEAN Kao Kim Hourn berfoto bersama dalam Pertemuan Ke-24 Menteri Luar Negeri ASEAN Plus Tiga (APT FMM) di Jakarta, Kamis (13/7/2023). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA – Menteri Luar Negeri (Menlu) Jepang Hayashi Yoshimasa mengundang para pemimpin anggota ASEAN berkunjung ke negaranya pada Desember mendatang. Hal itu dilakukan dalam rangka memperingati 50 tahun hubungan ASEAN-Jepang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Untuk menutup peringatan 50 tahun (kemitraan dengan ASEAN), Jepang akan menyambut para pemimpin ASEAN ke Tokyo dan mengadakan Commemorative Summit pada 16-18 Desember,” kata Yoshimasa dalam pidato pembukaannya saat menghadiri ASEAN Post Ministerial Conference bersama Jepang di Hotel Shangri-la, Jakarta, Kamis (13/7/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Upaya Palestina Dapatkan Keanggotaan Penuh DK PBB Kembali Kandas
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Yoshimasa mengungkapkan, dalam pertemuan yang diagendakan pada Desember mendatang, dia ingin membahas kerja sama ASEAN-Jepang di masa-masa mendatang. “Saya sangat menantikan untuk melakukan diskusi yang bermakna tentang tinjauan kerja sama masa lalu dan arah masa depan seperti pertemuan hari ini,” ucapnya.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Dia mengungkapkan, sepanjang tahun ini, Jepang dan ASEAN telah menggelar beberapa acara, antara lain 50th Year of ASEAN-Japan Friendship and Cooperation yang digelar di Jakarta pada Februari dan di Tokyo pada Maret lalu. Pada Juni lalu, ASEAN dan Jepang juga menyelenggarakan ASEAN-Japan Business Week. Pekan lalu kedua belah pihak juga menghelat ASEAN-Japan Special Meeting of Justice Ministers.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Kita memiliki lebih banyak acara yang akan datang untuk paruh kedua tahun ini. Termasuk ASEAN-Japan Tourism Minister’s Dialogue pada Oktober, ASEAN-Japan Economic Co-Creation Forum pada Desember,” ungkap Yoshimasa.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
PM Lee Hsien Loong Puji Kepemimpinan Jokowi di Indonesia dan Kawasan

Pertemuan PMC bersama Jepang dipimpin oleh Menlu Thailand Don Pramudwinai. Dalam sambutannya, dia mengatakan tahun ini menandai tonggak sejarah karena kemitraan ASEAN-Jepang memasuki tahun ke-50.

ASEAN dan Jepang, tambah Don, terus memperluas serta memperdalam kerja samanya. Selain itu Jepang pun terus mendukung sentralitas ASEAN. “ Pembentukan ASEAN-Japan Comprehensive Strategic Partnership akan menjadi tonggak penting lainnya dalam hubungan kita,” kata Don.

“Pertemuan kita hari ini memberikan peluang besar bagi kita untuk membahas bagaimana kita dapat mendorong kemitraan ASEAN-Jepang agar lebih tangguh dalam mengatasi tantangan bersama dan memastikan perdamaian, stabilitas, serta kemakmuran di kawasan dan menetapkan arah masa depan hubungan kita untuk 50 tahun ke depan,” tambah Menlu Thailand. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi