Selasa, 30/04/2024 - 16:15 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Jelang Akhir Pekan, Cek Prakiraan Cuaca Hari Ini

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA—Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di sebagian kota besar di Indonesia berpotensi cerah berawan pada Jumat (4/8/2023).

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Dikutip dalam laman resmi BMKG di Jakarta, cuaca cerah berawan diprakirakan berpotensi terjadi di Banda Aceh, Bengkulu, Jakarta, Gorontalo, dan Jambi. Kemudian, Semarang, Surabaya, Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, Tarakan, Pangkal Pinang, Lampung, Kupang, Mamuju, Makassar, Kendari, Manado, dan Palembang.    

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Sementara cuaca berawan berpotensi terjadi di Denpasar, Bengkulu, Yogyakarta, Bandung, Palangkaraya, Ambon, Mataram, dan Jayapura. Adapun kota lainnya seperti Tanjung Pinang, Manokwari, Pekanbaru, Mamuju, Padang, dan Medan diprediksi terjadi hujan pada siang atau malam hari.    

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Para Astronom Temukan Lubang Hitam Bintang Terbesar yang Pernah Terlihat 
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG A Fachri Radjab menyampaikan 63 persen wilayah zona musim di Indonesia terdampak fenomena El Nino yang menyebabkan musim kemarau menjadi lebih kering. “Zona musim di Indonesia ada 699 zona, saat ini sudah sekitar 63 persen sudah memasuki periode musim kemarau. Artinya 63 persen memang sudah terdampak langsung dari El Nino itu sekitar 63 persen wilayah zona musim,” ujar dia.    

ADVERTISEMENTS

Ia mengemukakan El Nino merupakan fenomena atmosfer yang sifatnya global yaitu terjadinya peningkatan suhu muka laut. Di Indonesia, dampak El Nino yang paling kuat dirasakan adalah berkurangnya curah hujan. “Jadi ketika kita di musim kemarau, ditambah ada El Nino jadi semakin kering,” kata Fachri.    

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
DIY Bakal Diguyur Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Siang Hingga Sore Ini

Ia mengemukakan berdasarkan prakiraan hujan bulanan BMKG, beberapa wilayah dengan intensitas hujan berada dalam kategori rendah yakni di sebagian besar Sumatera, termasuk Riau, Bengkulu, dan Lampung, serta hampir seluruh wilayah Jawa. Kemudian di wilayah Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara. 

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi