Rabu, 01/05/2024 - 15:24 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Hong Kong Akan Mulai Berlakukan Larangan Impor Makanan Bahari dari Jepang

ADVERTISEMENTS

Berbagai ikan dipajang di pasar makanan laut. ilustrasi

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 HONGKONG — Pemerintah Hong Kong membentuk tim khusus untuk mengawasi dan meninjau sejumlah larangan impor makanan bahari Jepang ke Hong Kong. Langkah yang diberlakukan sebagai respon atas rencana Tokyo melepaskan air bekas Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima ke laut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Sekretaris Permanen Lingkungan dan Ekologi Hong Kong Vivian Lau mengatakan pihak berwenang akan memperkuat pengawasan impor makanan bahari yang datang dari Jepang. Selain itu setiap hari pemerintah Hong Kong akan mempublikasikan tes radiasi air laut.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Walaupun rencana Jepang melepaskan air bekas PLTN ke laut yang mengarah ke dalam dan luar negeri disetujui pengawas nuklir PBB. Namun Cina khawatir dengan dampaknya terutama pada makanan.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Bandara Dubai Banjir, Emirates Tangguhkan Check-In Hingga Tengah Malam

Pemimpin Hong Kong mengatakan ia menolak rencana Jepang membuang limbah air nuklir ke laut. Sementara juru bicara Kementerian Luar Negeri Jepang Wang Wenbin menyebut langkah Jepang “sangat egois” dan Beijing akan mengajukan protes resmi ke pemerintah Jepang.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Jepang akan mulai melepaskan lebih dari jutaan ton air dari PLTN Fukushima di utara Tokyo. PLTN itu hancur akibat gempa bumi dan tsunami tahun 2011 dan air yang akan dibuang sebagian besar untuk mendinginkan reaktor.

Larangan impor Hong Kong mulai berlaku pada Kamis (24/8/2023) di hari Jepang mulai melepaskan air PLTN Fukushima ke laut. Larang itu mencakup makanan bahari dari Tokyo, Fukushima, Chiba, Tochigi, Ibaraki, Gunma, Miyagi, Niigata, Nagano dan Saitama.

Pemerintah Hong Kong mengatakan tidak ada kerangka waktu yang ditetapkan kapan larangan ini akan dicabut. Keputusan tersebut tergantung data dan informasi dari Jepang.

Berita Lainnya:
TEPCO Lepaskan Air Radioaktif PLTN Fukushima pada Jumat

Impor makanan bahari dari 13 wilayah Jepang lainnya masih diperbolehkan. Larangan ini mencakup makanan bahari yang masih hidup, dibekukan, produk makanan laut kering, garam laut dan rumput laut.

Hong Kong merupakan pasar terbesar kedua Jepang setelah Cina Daratan untuk produk pertanian dan perikanan. Data pemerintah Jepang menunjukkan tahun lalu nilai makanan bahari yang diimpor Hong Kong mencapai 519,54 juta dolar AS.

“Karena tidak ada ikan Jepang di pasar maka ikan lokal kami lebih diuntungkan, apakah kami masih perlu makan ikan Jepang ketika tangkapan ikan lokal kami besar,” kata penjual ikan Hong Kong Robert Ho.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi