Rabu, 01/05/2024 - 00:02 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Makin Seru Bermain Gawai dengan Anak, Coba Cara Ini

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Dengan semakin banyaknya aplikasi, gim, dan platform streaming, banyak orang tua kekinian menggunakan teknologi untuk sarana hiburan anak. Umumnya, orang tua dianjurkan meminimalisasi waktu layar anak, namun sebenarnya ada beragam metode pemanfaatan teknologi untuk hiburan anak. Dikutip dari laman TechRound, Kamis (7/9/2023), wujudnya bisa berupa konten pendidikan dan pembelajaran interaktif.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Berkat perkembangan teknologi, buku teks kerap dilengkapi dengan aplikasi dan permainan pembelajaran interaktif yang melibatkan anak. Bentuk hibrida demikian tidak hanya menyajikan informasi dengan cara yang inovatif, namun juga menumbuhkan keterampilan kognitif.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Sebut saja, kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Melalui teknologi pendidikan, anak dapat memulai petualangan belajar yang disesuaikan dengan minat dan kecepatan masing-masing, membuat pendidikan menjadi perjalanan personal dan menyenangkan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Anak Kecanduan Game, Dokter Ibaratkan 'Rem Mobil Blong', Ortu Harus Apa?
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Itu merupakan salah satu kelebihan penggunaan teknologi untuk sarana hiburan anak. Kelebihan lainnya yakni peningkatan kreativitas dan imajinasi. Teknologi bisa memberdayakan anak-anak untuk mengeluarkan potensi kreatifnya dan menjelajahi alam imajinasi yang luas. 

ADVERTISEMENTS

Misalnya, aplikasi menggambar dengan beragam alat dan pilihan yang dapat mendorong anak mendalami seni, bereksperimen dengan warna dan bentuk. Hal demikian bisa memupuk ekspresi artistik, sekaligus meningkatkan kepercayaan diri anak.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Cara lain, misalnya, memakai aplikasi bercerita yang berfungsi sebagai kanvas digital di mana anak dapat menghidupkan kisah, memicu imajinasi, dan mengasah keterampilan bercerita. Dunia virtual dan simulasi akan membawa mereka ke berbagai tempat dan skenario menarik, tempat mereka dapat bermain peran dan bereksperimen.

Berita Lainnya:
Menghirup Asap Vape Tingkatkan Risiko Kanker, Terutama pada Anak

Dengan memanfaatkan teknologi untuk upaya kreatif, anak-anak dapat memulai perjalanan penemuan jati diri dan pertumbuhan artistik tanpa batas. Perangkat teknologi yang portabel pun dapat membuat waktu di perjalanan atau waktu menunggu menjadi peluang untuk belajar dan bereksplorasi.

Keuntungan lain, teknologi membuat pikiran ingin tahu anak-anak terus terstimulasi, membantu mengembangkan keterampilan sosial interaktif. Begitu pula mendorong komunikasi, kerja tim, dan kerja sama, serta memberi akses terhadap ragam konten budaya.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi