Kamis, 02/05/2024 - 01:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Kisah Nabi Muhammad SAW Meminta Hujan

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Muslim kemarau yang terlampau panjang sangat merugikan manusia, karena ada banyak aktivitas-aktivitas yang terganggu. Misalnya gagal panen karena kesulitan air, hawa panas dan gersang, bahkan bisa menimbulkan potensi kebakaran lahan.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Di zaman Nabi Muhammad saw hingga zaman sahabat khulafaur rasyidin, musim kemarau juga pernah terjadi. Ketika musim kemarau datang, tak jarang para penduduk akan kesulitan untuk bekerja dan menderita kelaparan. Karenanya, mereka akan berbondong-bondong menemui Nabi saw agar memohon agar Allah menurunkan hujan dari langit.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Diambil dari buku Ensiklopedia Hadits Ibadah Sholat Sunnah dan Perkara Lain Mengenai Sholat oleh Syamsul Rijal Hamid, berikut ini beberapa penggal kisah ketika Rasulullah diminta tolong untuk mendatangkan hujan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Akhlak Rasulullah Ketika Hendak Tidur
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Aisyah ra mengungkapkan bahwa sejumlah orang mengadu kepada Rasulullah SAW tentang terlambatnya hujan. Maka, Rasulullah memerintahkan agar disiapkan sebuah mimbar, yang kemudian diletakkan di tempat shalat. Setelah itu, beliau menetapkan suatu hari agar semua orang keluar untuk melakukan shalat Istisqa (meminta hujan).

ADVERTISEMENTS

Pada hari yang telah ditentukan, Rasulullah SAW keluar saat Matahari sudah tampak. Beliau duduk di atas mimbar menghadap orang banyak, kemudian bertakbir dan memuji Allah SWT. Setelah itu, beliau bersabda, “Kalian telah mengadu tentang kekeringan yang melanda daerah-daerah kalian dan hujan yang datang terlambat dari biasanya. Allah SWT memerintahkan kepada kalian agar berdoa kepada-Nya dan’ Dia berjanji akan memperkenankan permohonan kalian.”

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Anjuran Bertakwa kepada Allah dalam Berbagai Kondisi

Selanjutnya Rasulullah SAW mengangkat kedua tangannya, hingga terlihat warna putih ketiaknya. Beliau berdoa, “Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, yang menguasai hari pembalasan, Tiada Tuhan selain Engkau, berbuat apa yang dikehendaki-Nya. Wahai Allah, Engkau adalah Allah, Tiada Tuhan selain Engkau Yang Mahakaya, sedangkan kami adalah orang-orang yang fakir. Turunkanlah hujan kepada kami dan jadikanlah apa yang Engkau turunkan kepada kami sebagai kekuatan dan bekal sampai batas waktunya.”

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi