Selasa, 30/04/2024 - 14:24 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALPALESTINA

Usir Warga Gaza, Israel Tekan Mesir Terima Pengungsi dengan Imbalan Penghapusan Utang

ADVERTISEMENTS

BANDA ACEH – Israel dilaporkan mulai menjalankan kembali rencana lama mereka untuk memindahkan paksa 2,3 juta penduduk Gaza ke Sinai, Mesir.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Memanfaatkan momen serangan Hamas pada 7 Oktober 2023 silam, Israel membombardir Gaza dengan alasan memberangus kelompok milisi pembebasan Palestina tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Belakangan, ide relokasi paksa warga Palestina dari tanah mereka di Gaza kembali digencarkan dengan sejumlah upaya Israel mencari dukungan untuk melakukan hal tersebut.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Terbaru, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berusaha menekan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi untuk menerima pengungsi dari Jalur Gaza.

ADVERTISEMENTS

Tekanan itu beriring tawaran agar Bank Dunia menghapus utang luar negeri Mesir yang besar sebagai imbalannya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Kabar itu dilansir laporan surat kabar Israel, Yediot Ahronoth pada Selasa (31/11/2023).

“Baru-baru ini, Israel juga meminta para pemimpin internasional untuk mencoba meyakinkan Presiden Mesir Sisi agar menerima pengungsi di Sinai, Mesir,” tulis laporan tersebut.

Sisi menolak gagasan tersebut, dengan mengatakan kalau Sinai berpotensi menjadi daerah basis kelompok perlawanan Palestina untuk menyerang Israel, sehingga menciptakan masalah keamanan di Kairo.

Pengulangan Tragedi Nakba 1948

Mesir rentan terhadap tekanan Israel karena mengalami rekor inflasi dan kekurangan mata uang asing dalam beberapa tahun terakhir, sehingga menyulitkan negara Afrika Utara tersebut untuk membayar utang luar negerinya dan membayar impor penting, termasuk gandum.

Berita Lainnya:
IMF: Pertumbuhan Ekonomi di MENA Melambat di Tahun Ini

“Apa yang terjadi saat ini di Gaza adalah upaya untuk memaksa warganya berlindung dan berimigrasi ke Mesir – dan kami tidak akan menerimanya,” tegas Sisi.

Sisi mengatakan kalau jika Israel ingin menjaga warga Palestina di Gaza aman dari serangan darat besar-besaran Israel, mereka harus diizinkan untuk mengungsi ke wilayah gurun Negev di selatan Israel dan kemudian kembali setelah Hamas dikalahkan.

Dia menambahkan: “Mesir menentang segala upaya untuk menyelesaikan masalah Palestina melalui cara militer atau melalui pengusiran paksa warga Palestina dari tanah mereka – apa pun yang akan merugikan negara-negara di kawasan.”

Sisi mengatakan bahwa jika warganya diminta melakukan hal tersebut, jutaan dari mereka akan turun ke jalan dan berdemonstrasi menentang perjalanan warga Gaza ke Sinai.

Sekitar 2,4 juta warga Palestina tinggal di Jalur Gaza.

Pada awal perang, banyak dari mereka yang berbondong-bondong menuju penyeberangan Rafah yang ditutup.

Tawaran Netanyahu kepada Sisi muncul setelah Kementerian Intelijen Israel pada 13 Oktober merekomendasikan agar Israel menggunakan alasan perang dengan Hamas untuk secara paksa memindahkan 2,3 juta penduduk Gaza ke Sinai Mesir sebagai pengungsi dan mencegah mereka kembali.

Hal ini, jika benar terjadi, akan  merupakan pengulangan Tragedi Nakba tahun 1948.

Berita Lainnya:
Jokowi Sengaja "Tanam" Gibran demi Investasi Jangka Panjang

Ide Lama yang Dicoba Kembali demi Perluasan Permukiman Yahudi

Rencana Israel merelokasi paksa warga Gaza ke Sinai Mesir dibocorkan oleh aktivis Partai Likud untuk mengukur opini dalam negeri Israel dan dunia internasional atas rencana tersebut.

Sebagai catatan, Kementerian Intelijen Israel dipimpin oleh Gila Gamliel dari Partai Likud.

Pada 2010, Gamliel dan Netanyahu meminta presiden Mesir saat itu Hosni Mubarak untuk menerapkan rencana yang sama.

Mubarak menolak gagasan tersebut dan digulingkan pada bulan Januari 2011 menyusul protes jalanan yang diorganisir dan didukung oleh aktivis Mesir yang bekerja sama dengan Departemen Luar Negeri AS.

Netanyahu mengajukan permintaan serupa kepada penerus Mubarak, Mohammad Morsi, pada tahun 2012, namun Morsi juga menolaknya.

Sisi kemudian menggulingkan Morsi pada tahun 2013.

Pada tahun 2014, Netanyahu membuat proposal serupa kepada Sisi di mana Israel akan mencaplok pemukiman di Tepi Barat dan Palestina akan menerima bagian dari Sinai utara.

Gerakan permukiman Israel berupaya untuk merebut kembali Gaza dan membangun kembali pemukiman Gush Katif di sana sejak Perdana Menteri Ariel Sharon memerintahkan evakuasi pemukim Yahudi dari jalur tersebut pada tahun 2005.

Israel terus melakukan pengepungan ekonomi dan militer yang mencekik di Gaza sejak saat itu.

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi