Minggu, 05/05/2024 - 00:46 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALPALESTINA

Negara Teroris Israel Ingin Singkirkan Warga Gaza ke Sinai, Janjikan ke Mesir Hapus Utang-utangnya di Bank Dunia

ADVERTISEMENTS

BANDA ACEH  – Israel sengaja terus membombardir wilayah Gaza untuk menciptakan ketakutan kepada rakyat Palestina di wilayah ini dan menggiringnya keluar dari Gaza. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Israel berambisi memindahkan rakyat Palestina dari wilayah Gaza ke Sinai Utara di wilayah Mesir. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Selanjutnya, Israel membangun barrier untuk menghalangi warga Palestina agar tidak kembali masuk ke wilayah Gaza.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Karena itu Israel terus mengajak Mesir berunding untuk merealisasikan skenario tersebut.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Tentu saja skenario ini membuat Pemerintah Mesir kesal. Pemerintah Mesir sendiri sudah memobilisaasi tentara yang merupaan pasukan khususnya untuk menjaga gerbang perbatasan Rafah sisi Mesir dengan Jalur Gaza di timur provinsi Sinai Utara.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Kepada Amerika Serikat, Mesir menegaskan, tujuan Israel untuk mengusir Hamas dari Jalur Gaza tidak realistis. karena itu Mesir tersebut menolak pemindahan paksa dan menolak kesepakatan keamanan, menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Peringatan tersebut disampaikan secara berkala oleh para pejabat Mesir ketika Kairo menolak tawaran AS untuk mengambil peran keamanan di masa depan di daerah kantong yang terkepung dan seruan Israel untuk menerima pemindahan paksa warga Palestina.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Peringatan tersebut menggarisbawahi keinginan Mesir untuk segera mengakhiri perang yang berkecamuk di perbatasannya, namun juga bagaimana Kairo mengambil sikap yang lebih tegas terhadap konflik tersebut dibandingkan yang diantisipasi oleh beberapa pejabat Israel dan Barat.

Berita Lainnya:
Presiden Jokowi Kumpulkan Menteri Bahas Konflik Iran-Israel

Para ahli mengatakan bahwa lobi Israel untuk melakukan pengungsian paksa warga Palestina dari Gaza memicu penolakan karena hal ini merupakan perwujudan ketakutan Mesir bahwa perang yang berkepanjangan di sana dapat mengganggu stabilitas wilayah Sinai dan berdampak pada dampak domestik di kalangan masyarakat yang secara luas mendukung perjuangan Palestina.

“Perang, dan tindakan serta pernyataan Israel yang lebih agresif, telah membuat Mesidan sebagian besar negara Arab memikirkan kembali kebijakan mereka terhadap Israel,” kata Ayman Zaineldine, mantan diplomat senior Mesir, kepada Middle East Eye.

“Dorongan untuk mengusir warga Palestina dari Gaza menunjukkan bahwa Israel dapat menjadi ancaman langsung terhadap keamanan nasional Mesir.”

Mesir bekerja cepat untuk menggagalkan rencana tersebut.

Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi, yang mempertahankan kontrol ketat atas Mesir, mengancam akan melepaskan warganya yang menurutnya akan “berjuta-juta orang keluar dan melakukan protes … jika diminta” menentang pemindahan paksa.

Abdel Fattah el-Sisi mengatakan bulan November ini bahwa negaranya “menegaskan dan menegaskan kembali penolakannya terhadap pemindahan paksa warga Palestina dan eksodus mereka ke tanah Mesir di Sinai, karena ini hanyalah likuidasi akhir perjuangan Palestina”.

Berita Lainnya:
Geledah Kantor Setjen DPR, KPK Sita Berbagai Bukti

Mengalihdayakan keamanan Gaza

Menerima masuknya pengungsi akan menguntungkan pemerintah Mesir yang kekurangan uang, kata para ahli, karena Israel dilaporkan melontarkan rencana untuk menghapuskan utang internasional Mesir melalui Bank Dunia dan Uni Eropa yang berpotensi mengadakan kesepakatan bantuan pengungsi.

“Anda dapat bertaruh bahwa jika Mesir menyetujui apa yang diinginkan Israel, mereka tidak akan berada dalam kesulitan ekonomi seperti sekarang ini,” Mirette Mabrouk, direktur program Mesir di Institut Timur Tengah dikutip Middle East Eye.

“Tetapi Mesir melawan dengan cukup keras. Saya kira insentif finansial tidak akan mempengaruhi mereka,” katanya.

Mantan diplomat Mesir, Ayman Zaineldine, menegaskan, Mesir tidak akan mengizinkan Israel melakukan outsourcing keamanan Jalur Gaza.

Mesir juga menolak rencana sebelumnya, di mana para pejabat AS dan Israel membahas Mesir dalam mengelola keamanan Jalur Gaza sampai Otoritas Palestina (PA) dapat mengambil alih – jika dan ketika Hamas dikalahkan.

“Saya yakin Mesir tidak akan mengizinkan Israel melakukan outsourcing keamanan di Jalur Gaza… Hal itu akan membuat Mesir terlibat dalam pendudukan ilegal Israel,” tambah Zaineldine, yang menegaskan kembali rencana tersebut akan menimbulkan “ancaman langsung” terhadap keamanan nasional Mesir.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2 3

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi