Kamis, 02/05/2024 - 06:04 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Coca Cola Diboikot Karena Pro-Israel? Ini Penjelasannya

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Gerakan Boycott, Divestment, Sanctions (BDS) atau Boikot, Divestasi, Sanksi adalah gerakan kebebasan, keadilan, dan kesetaraan yang dipimpin Palestina. BDS menjunjung tinggi prinsip sederhana bahwa warga Palestina berhak atas hak yang sama seperti umat manusia lainnya.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

BDS mengajak memboikot perusahaan Israel dan internasional yang terlibat dalam tindakan pelanggaran hak-hak Palestina. Salah satu produk atau perusahaan yang menjadi target boikot adalah Coca-Cola yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi minuman dalam kemasan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Coca-Cola diketahui memiliki pabrik di kawasan Atarot yang merupakan daerah yang disebut sebagai daerah pemukiman ilegal Israel di Palestina. Coca Cola disebut-sebut mendukung Israel dalam membombardir Gaza dan mentransfer dana untuk mendukung angkatan bersenjata di Israel.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Bergerak cepat, parlemen Turki menghapus produk Coca Cola dari daftar menu di restoran-restorannya. Tindakan ini setelah perusahaan tersebut diduga mendukung Israel. Hingga kini Coca Cola tidak segera menanggapi permintaan komentar.

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Parlemen Turki mengatakan keputusan tersebut diambil oleh ketua parlemen Numan Kurtulmus. Tapi dalam pernyataannya parlemen tidak menyebut nama perusahaan. Nama perusahaan diketahui dari sumber yang tidak bersedia diidentifikasi.

Berita Lainnya:
Kata Warga Soal Iran Serang Israel dan Potensi Perang Keduanya

Sumber di parlemen Turki mengatakan minuman Coca-Cola dan kopi instan Nestle satu-satunya merek yang dihapuskan dari menu. Sumber tersebut mengatakan keputusan tersebut diambil sebagai tanggapan atas permintaan publik.

Lalu bagaimana di Indonesia?

Aksi boikot produk-produk buatan Israel dan produk-produk yang secara terang-terangan mendukung serangan Israel di Gaza terus meningkat di berbagai platform media sosial di Indonesia. Belum ada pernyataan resmi perihal hal ini, Presiden Joko Widodo hanya menegaskan bahwa Indonesia tidak akan tinggal diam melihat korban sipil terus berjatuhan dan membiarkan ketidakadilan terhadap rakyat Palestina terus terjadi.

Produk paling populer dari PT Coca Cola adalah Coca Cola, sejenis minuman berkarbonasi yang rasanya manis. Awalnya, minuman Coca-Cola lahir pada tahun 1886 setelah seorang apoteker bernama John Stith Pemberton meracik sebuah minuman sirup segar untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tahun-tahun setelah Perang Dunia II jadi era kejayaan Coca-Cola. Produk perusahaan tersebut mulai dijual ke banyak negara.

Berita Lainnya:
Jamaika Resmi Akui Kedaulatan Negara Palestina

Di Indonesia, PT Coca Cola awalnya diimpor oleh seorang insinyur Belanda bernama de Koenig. Kemudian, pada tahun 1932 diproduksi secara lokal oleh pembotolan De Water Nederlands Indische Mineral Fabriek, di Batavia, Indonesia.

PT Coca Cola sempat berhenti beroperasi pada tahun 1942, yang kemudian Coca Cola diproduksi kembali oleh Indonesia Bottler Limited (IBL). Kemudian, sejak tahun 1960-an, berbagai produk PT Coca Cola telah diperkenalkan ke pasar Indonesia. Setelah itu resmi pada 1972 PT Coca Cola hadir di Indonesia. Berdasarkan situs resminya, saat ini ada delapan produk yang dipasarkan di Indonesia yakni minuman bersoda Coca Cola, Sprite, Fanta, Frestea, A&W, Schweppes, Ades, Minute Maid dan Nutri Boost.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi