Rabu, 22/05/2024 - 21:30 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Para Donor Barat Pangkas Dana Bantuan untuk Kelompok Masyarakat Sipil Arab

“Kelompok-kelompok ini tidak beroperasi sendiri. Mereka cenderung didanai (oleh) atau berkoordinasi dengan pemerintah Israel,” ujar Shakir.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Donor dan mitra Eropa juga menahan diri untuk tidak mengungkapkan solidaritasnya kepada media Arab. Menurut dua organisasi media Arab, tindakan itu muncul setelah mereka disensor atau difitnah karena pemberitaan mereka mengenai Israel-Palestina.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Seorang jurnalis dari salah satu media Arab mengatakan, donor Barat tampaknya tidak keberatan untuk mendukung organisasi media independen sejauh tidak melanggar dukungan terhadap Israel. “Bagaimana Barat akan merekonsiliasi dukungan mereka terhadap ‘media independen’ dan ‘kebebasan berekspresi’ dengan kritik yang ditujukan pada dukungan diam-diam atau eksplisit terhadap kematian [11.000] warga Palestina…masih harus dilihat secara keseluruhan,” kata sumber yang bersifat anonim itu.

Berita Lainnya:
PM Lee Hsien Loong Puji Kepemimpinan Jokowi di Indonesia dan Kawasan

Organisasi masyarakat sipil regional juga kehilangan kepercayaan terhadap lembaga-lembaga PBB yang tidak bersuara menentang kekejaman Israel di Gaza. Beberapa akhirnya bersuara setelah ribuan korban jiwa berjatuhan, termasuk anak-anak dan perempuan.

Direktur eksekutif Samir Kassir Foundation (Skeyes) Ayman Mhanna mengatakan, sangat kecewa dengan Dana Demokrasi PBB (UNDEF) yang bermitra dengan organisasinya. “Mereka diam. Mereka belum mengambil tindakan terhadap media independen [yang mereka dukung], namun sikap diam mereka bukanlah sesuatu yang dapat dimengerti saat ini,” katanya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Mhanna berharap badan-badan PBB untuk terus mengulangi sikap Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres yang menyerukan gencatan senjata. Badan-badan itu juga bisa mengangkat masalah pendudukan Israel sebagai akar penyebab kekerasan dan mendesak semua pihak untuk menahan diri dari melakukan kejahatan perang.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Liga Arab Desak Konferensi Perdamaian Palestina, Dorong Solusi Dua Negara

“Kami tidak mengharapkan mereka mengambil posisi yang sepenuhnya pro-Palestina, namun apa yang terjadi saat ini tidak masuk akal,” kata Mhannan. 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi