Senin, 06/05/2024 - 05:01 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Indonesia Buka Pusat Bahasa dan Budaya di Belarusia

ADVERTISEMENTS

 MINSK — Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus Jose Antonio Morato Tavares membuka Pusat Bahasa dan Budaya Indonesia (PBBI) di kampus Minsk State Language University (MSLU), Minsk, Republik Belarusia.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Peresmian ditandai penyerahan secara simbolis alat musik Rebab, buku promosi Batik dan buku pelajaran Bahasa Indonesia kepada Rektor MSLU, Prof. Natalia Laptieva dan disaksikan Rektor Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta Prof. Muhammad Irhas Effendi secara daring.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Dalam siaran pers yang Republika terima dari Kedutaan Besar Indonesia untuk Rusia dan Belarusia, Senin (20/11/2023) Duta Besar Jose Tavares dalam sambutan mengatakan pembukaan resmi PBBI merupakan wujud capaian 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Belarusia.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Selain itu lokasinya di MSLU tidak lepas dari arti penting pengajaran bahasa asing dalam membuka komunikasi dan menciptakan saling pengertian antar bangsa.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Rektor MSLU Natalia Laptieva mengatakan bahasa Indonesia merupakan bahasa asing ke-24 yang diajarkan di MSLU. Kelasnya diberikan secara daring oleh dosen Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Protes Bakar Diri Warnai Pengadilan Sidang Kasus Trump 

“Ada 17 mahasiswa MSLU yang belajar bahasa Indonesia sejak tahun lalu. Para mahasiswa sangat antusias mempelajari karena menilai penting Bahasa Indonesia yang digunakan lebih 300 juta jiwa di dunia,” katanya.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Rektor UPN Yogyakarta Prof. Muhammad Irhas Effendi dalam sambutan virtual menyampaikan terima kasih kepada KBRI Moskow atas dukungan bagi implementasi Cooperation Agreement yang ditandatangani UPN dengan MSLU pada 14 Januari 2022.

“Kiranya bidang kerja sama lain dengan MSLU, pertukaran pengajar dan mahasiswa atau penelitian bersama juga dapat diimplementasikan,” kata Irhas.  

Jose Tavares juga memberikan kuliah umum bertajuk “Indonesia – Belarus: Forging Stronger Ties and Understanding” yang dihadiri 60 mahasiswa dan civitas akademika MSLU. Ujar Dubes Tavares, sejak dibukanya hubungan diplomatik tahun 1993, banyak perkembangan terjadi dalam hubungan kedua negara di bidang politik, ekonomi, dan sosial budaya.

Berita Lainnya:
Unjuk Rasa Pro Palestina di Kampus, Gedung Putih Buka Dialog

 

“Telah berlangsung saling kunjung pejabat tinggi kedua negara, utamanya Presiden Belarusia ke Indonesia pada tahun 2013. Di bidang ekonomi, hingga September 2023, nilai perdagangan mencapai 66 juta dolar AS, nilai investasi langsung Belarus 1,8 juta dolar AS di 90 proyek jasa dan properti, dan kunjungan wisatawan Belarus mencapai lebih 5600 orang,” kata Tavares.

“Ke depannya kiranya banyak bidang kerjasama yang dapat diintensifkan, seperti pendidikan tinggi, olah raga, seni budaya dan sebagainya,” tambahnya.

Dua penari dari Kirana Nusantara Dance binaan KBRI Moskow menyajikan tarian Genjring dari Jawa Tengah sedangkan penari Belarus dari Renaissance Dance dan Art Group menyajikan tarian “Barani Svoyo.” 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi