Sabtu, 04/05/2024 - 12:51 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Kunjungan Wisman Meningkat, BPS Ungkap Pemulihan Pariwisata Makin Terasa

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan pariwisata di Indonesia kini mulai mengalami pemulihan. Hal tersebut dikarenakan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara pada Oktober 2023 sudah membaik seperti sebelum pandemi Covid-19 atau pada 2019.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Dari data menunjukkan kunjungan wisman sudah mendekati jumlah sebelum pandemi. Jadi, kalau wisman, kalau dilihat data di tahun ini mendekati sebelum pandemi atau 2019,” kata Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS, Moh Edy Mahmud dalam konferensi pers, Jumat (1/12/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Sementara itu, Edy mengatakan, perjalanan wisatawan nusantara (wisnus) pada Oktober 2023 juga memperlihatkan data lebih baik lagi dibandingkan wisman. Edy menuturkan, jumlah kunjungan wisnus sudah mulai melampaui jumlah perjalanan wisatawan nusantara pada 2019.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
BPS Sebut Logam Mulia Jadi Penyumbang Ekspor Terbesar Maret 2024
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Jadi ini wismannya sudah mendekati kunjungan sebelum pandemi, sementara wisnus sudah melewati jumlah kunjungan di sebelum pandemi,” ucap Edy.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Pada Oktober 2023, kunjungan wisman di Indonesia mencapai 978,50 ribu kunjungan. Jumlah tersebut turun cukup dalam sebesar 8,57 persen dibandingkan September 2023 secara bulanan namun justru mengalami kenaikan 33,27 persen dibandingkan bulan yang sama pada tahun lalu.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Wisman yang berkunjung ke Indonesia pada Oktober 2023 didominasi oleh wisman yang berasal dari Malaysia sebesar 14,16 persen, Australia sebesar 13,18 persen, dan Singapura sebesar 9,17 persen,” jelas Edy.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Konflik Iran Israel Makin Panas, Indonesia Cari Sumber Minyak Alternatif

Secara kumulatif, BPS mencatat kunjungan wisman pada Januari hingga Oktober 2023 meningkat 124,30 persen dibandingkan periode yang sama pada 2022. Peningkatan kunjungan tersebut utamanya tercatat pada pintu Bandara Ngurah Rai dan Soekarno Hatta, masing-masing meningkat sebesar 193,32 persen dan 128,99 persen.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Sementara itu,jumlah perjalanan wisatawan nusantara di Indonesia mencapai 62,70 juta perjalanan. “Jumlah ini naik 4,23 persen dibandingkan September 2023 dan meningkat 4,43 persen dibandingkan bulan yang sama pada tahun lalu,” ungkap Edy.

Edy menambahkan, Jawa Timur tercatat sebagai provinsi dengan jumlah perjalanan wisnus tertinggi. Hal itu baik sebagai daerah asal perjalanan maupun sebagai daerah tujuan wisnus.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi