Sabtu, 04/05/2024 - 00:09 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BOLALIGA INGGRIS

Man City Didakwa Melanggar Aturan FA dalam Laga Kontra Spurs

ADVERTISEMENTS

MANCHESTER — Federasi Sepak Bola Inggris (FA) telah mendakwa Manchester City melakukan pelanggaran pada laga kontra Tottenham Hotspur, akhir pekan lalu. Dalam laga di Stadion Etihad tersebut, juara bertahan Liga Primer Inggris itu dinilai alpa dalam mencegah pemainnya melakukan tindakan tidak pantas.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

FA merujuk pada protes yang dilayangkan para penggawa the Citizens pada menit-menit akhir masa injury time babak kedua laga tersebut. Saat itu, para penggawa the Citizens memprotes keputusan Simon Hooper yang menghentikan pertandingan lantaran menilai adanya pelanggaran.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Padahal, saat itu, Man City terbilang memiliki sedikit keunggulan. Erling Haaland, yang sempat dijatuhkan Yves Bissouma, mampu bangkit dan mengirimkan umpan ke Jack Grealish. Winger asal Inggris itu pun bersiap merangsek ke wilayah pertahanan Spurs yang sudah tanpa pengawalan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Namun, peluang City untuk mencetak gol tambahan di laga itu buyar usai Hooper meniup peluit dan menghentikan permainan. Hooper menilai, Bissouma melakukan pelanggaran terhadap Haalad dan memberikan hadiah tendangan bebas di tengah lapangan buat the Citizens.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Para pemain Man City sontak langsung bereaksi atas keputusan Hooper menghentikan sejenak permainan. Haaland bahkan kedapatan sempat berteriak ke arah Hooper dalam jarak yang cukup dekat. Belum lagi dengan sejumlah penggawa Man City yang mengepung Hooper guna memprotes keputusan tersebut.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Dipecundangi Crystal Palace, Liverpool Gagal ke Puncak Klasemen

Insiden ini ternyata menjadi perhatian FA. Otoritas tertinggi sepak bola Inggris itu pun mendakwa the Citizens dengan dugaan pelanggaran pasal E20.1 tentang kemampuan klub peserta Liga Primer Inggris untuk menjaga perilaku, terutama terkait dengan kepemimpinan wasit.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

”Para pemain mereka mengepung ofisial pertandingan di laga kontra Tottenham Hotspur, Ahad (3/12/2023). Dakwaan itu merujuk ke insiden pada menit ke-94. Klub gagal memastikan pemainnya untuk tidak bertindak dengan cara yang tidak pantas,” tulis pernyataan resmi FA, Selasa (5/12/2023).

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

The Citizens memiliki waktu setidaknya hingga Kamis (7/12/2023) waktu setempat untuk merespons dakwaan tersebut. Tidak hanya potensi sanksi terhadap Man City, Haaland juga sebenarnya memiliki kemungkinan untuk mendapatkan sanksi FA setelah kedapatan mengunggah pesan di akun media sosialnya.

Penyerang asal Norwegia itu sempat mengomentari cuplikan video insiden tersebut. Haaland menulis sebuah singkatan dalam bahasa Inggris yang diartikan sebagai bentuk hinaan dan sumpah serapah. Kendati begitu, Haaland agaknya bakal terhindar dari sanksi personal oleh FA.

Berita Lainnya:
Hormati Calon Lawan MU, Ten Hag Sebut Sejak Musim Lalu Coventry City Sudah Tampil Bagus

Pasalnya, singkatan dari bahasa slang yang digunakan Haaland itu tidak tergolong sebagai pesan yang ofensif. ”FA tidak menyertakan pernyataan tambahan terkait unggahan Haaland tersebut. Dengan begitu, Haaland kemungkinan besar akan terhindar dari ancaman sanksi individu,” tulis laporan BBC.

Laga Man City kontra Spurs memang berlangsung dengan begitu sengit dan terbuka. Total enam gol tercipta dalam laga pada pekan ke-14 Liga Primer Inggris tersebut. Sempat tertinggal dan kemudian dua kali berbalik unggul, The Citizens akhirnya harus puas menutup laga dengan skor imbang, 3-3.

Kegagalan memetik poin penuh di laga ini membuat tim besutan Pep Guardiola itu melorot ke peringkat ketiga klasemen sementara Liga Primer Inggris. Man City tertinggal tiga poin dari Arsenal, yang duduk di puncak klasemen sementara, dan satu poin dari Liverpool, yang duduk di peringkat kedua.

Sanksi terkait kegagalan klub mencegah pemainnya untuk bertindak tidak pantas bukan kali pertama diterima Man City. The Citizens juga sempat didakwa melakukan pelanggaran serupa pada Februari 2023, tepatnya di laga kontra Arsenal. Ujungnya, Man City diwajibkan membayar denda sebesar 75 ribu poundsterling akibat pelanggaran tersebut.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi