Kamis, 23/05/2024 - 12:27 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

2 Hal Sederhana Ini Penyebab Susah Rezeki

 JAKARTA — Allah SWT telah membagikan rezeki di antara hamba-hamba-Nya. Setiap hamba punya bagian rezekinya masing-masing yang diberikan dari Allah, menurut pengetahuan dan hikmah-Nya.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Maka sepatutnya seorang Muslim tidak berputus asa dalam menjemput rezeki. Hewan saja diberi rezeki, apalagi manusia.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Diriwayatkan dari Umar bin Khattab RA, dia mendengar bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

 (لَو أنَّكُم كنتُم تَوكَّلُونَ على اللهِ حقَّ تَوكُّلِهِ لرُزِقْتُمْ كما تُرزَقُ الطَّيرُ، تغدو خِماصًا، وتروحُ بطانًا)

“Kalau kalian benar-benar bertawakal kepada Allah Subhanahu Wata’ala dengan tawakal yang sebenar-benarnya, sungguh kalian akan diberi rezeki sebagaimana seekor burung diberi rizki, di mana ia pergi pada pagi hari dalam keadaan lapar, dan pulang di sore hari dalam keadaan kenyang.” (HR. Ahmad, Turmudzi dan Ibnu Majah)

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Namun ada faktor yang menjadi penghalang rezeki, sehingga kerap kali membuat seseorang terus gelisah karena merasa dihimpit situasi yang serbasusah dari sisi pendapatan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Teguran Nabi Isa Terhadap Ahli Ibadah yang tidak Mau Bekerja untuk Mencari Rezeki

Faktor penghalang rezeki yaitu tidak menunaikan kewajiban membayar zakat dan tidak pula melaksanakan anjuran sedekah sebagaimana yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Padahal sedekah adalah salah satu faktor terbesar seseorang diberi penghidupan yang berkah, tumbuh, berkembang dan berkesinambungan.

Ingatlah selalu firman Allah SWT berikut ini:

ADVERTISEMENTS

قُلْ إِنَّ رَبِّى يَبْسُطُ ٱلرِّزْقَ لِمَن يَشَآءُ مِنْ عِبَادِهِۦ وَيَقْدِرُ لَهُۥ ۚ وَمَآ أَنفَقْتُم مِّن شَىْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُۥ ۖ وَهُوَ خَيْرُ ٱلرَّٰزِقِينَ

ADVERTISEMENTS

“Katakanlah: “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)”. Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba ayat 39)

Karena itu, seorang Muslim yang tidak membayar zakat dan tidak bersedekah, maka hal tersebut menjadi faktor penyebab sempitnya rezeki, dan berkurangnya serta hilangnya keberkahan hidup.

Berita Lainnya:
Kangen Puasa Ramadhan? Yuk Coba Puasa Sunnah Daud

Faktor lain yang menghambat rezeki ialah memutus tali silaturahim. Memutus tali silaturahim merupakan salah satu penyebab terbatasnya rezeki. Nabi SAW telah berpesan bahwa menjaga tali silaturahmi merupakan salah satu penyebab luasnya rezeki.

Diriwayatkan dari Anas bin Malik RA, Nabi Muhammad SAW bersabda:

(مَن سَرَّهُ أنْ يُبْسَطَ عليه رِزْقُهُ، أوْ يُنْسَأَ في أثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ)

“Siapa yang ingin dilapangkan pintu rizeki untuknya dan dipanjangkan umurnya, hendaknya ia menyambung tali silaturrahmi.” (HR. Bukhari)

Menyambung tali silaturahim ini antara lain dengan melakukan kunjungan, memberikan hadiah atau dukungan jika diperlukan, dan melakukan komunikasi dengan perkataan yang baik, lemah lembut, serta keikutsertaan dalam suka dan duka.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi