Selasa, 30/04/2024 - 01:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Menteri Bahlil Tegaskan, Nikel Masih Jadi Bahan Baku Mobil Listrik yang Dicari-Cari

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menegaskan, nikel masih menjadi bahan baku yang banyak dicari oleh produsen baterai mobil listrik. Ia pun membantah pernyataan terkait nikel yang disebut sudah tidak lagi digunakan sebagai bahan baku baterai mobil listrik Tesla.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Sebelumnya, pernyataan itu dikatakan oleh mantan Kepala BKPM Tom Lembong. Dalam sebuah podcast dia menuturkan, baterai mobil Tesla menggunakan Lithium Ferro Phosphate (LFP).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Saya ingin mengatakan, tidaklah benar kalau ada seorang mantan pejabat, pemikir ekonomi atau siapapun yang menyatakan nikel nggak lagi jadi bahan yang dikejar-kejar investor untuk membuat baterai mobil,” tegas Bahlil dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (25/1/2024).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Tingkatkan Peran Humas Global, World Public Relations Forum 2024 Digelar di Bali
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Dirinya menjelaskan, memang untuk bahan baku LFP, fosfat, dan lithium tidak ada di Indonesia. Itu karena, yang ada di Tanah Air berupa kobalt, mangan, dan nikel. Ia menambahkan, kini pemerintah tengah fokus mengembangkan sumber daya alam dalam negeri, di antaranya nikel.

ADVERTISEMENTS

Pada kesempatan itu, Bahlil curiga informasi soal nikel yang tidak dipakai lagi itu digunakan untuk melobi pemerintahan selanjutnya agar tidak lagi melarang ekspor barang mentah. “Hati-hati loh! Ini saya menghubungkan. Jangan sampai di bangsa ini ada antek-antek asing untuk masuk merusak tatanan dalam kebijakan publik, bahaya ini,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Pertamina Patra Niaga Raih Penghargaan Peran Aktif Penyelenggaraan KKPRL Kementerian KKP

Bahlil menjelaskan, baterai yang tengah dikembangkan di Indonesia yaitu NMC. Bahan baku utamanya 80 persen nikel, dan sisanya mangan, kobalt, serta impor litium. Maka dirinya menegaskan, pernyataan soal nikel akan ditinggalkan, merupakan kebohongan publik.

Baterai LFP, sambung dia, merupakan bahan baku baterai mobil Tesla untuk jenis mobil yang berkualitas standar. Sedangkan untuk mobil berkualitas tinggi tetap menggunakan nikel.

“LFP itu hanya dipakai oleh Tesla kepada mobilnya yang standar, karena kualitas jarak tempuhnya itu lebih bagus ke nikel. Tesla sebagian juga masih memakai bahan baku nikel. Jadi jangan omon omon saja, bahaya negara ini dibuat-buat begini” kata Bahlil.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi