Selasa, 30/04/2024 - 01:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Ibu Kerap Bingung, Perlu Strategi Khusus dalam Pemberian MPASI untuk Bayi

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Bayi Anda sudah berusia enam bulan? Kini waktunya untuk memberikan makanan pendamping air susu ibu (MPASI).

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Dalam menyiapkannya, ibu terkadang mengalami kesulitan memenuhi standar kecukupan gizinya. Dokter spesialis anak I Gusti Ayu Nyoman Partiwi mengatakan, strategi khusus diperlukan dalam menyiasati pemberian MPASI.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Dokter yang akrab disapa dr Tiwi itu mengemukakan ada saja ibu yang memiliki anak bayi berusia 6-23 bulan yang belum memahami secara rinci mengenai pemberian MPASI. Mereka bahkan hanya memberikan pisang sebagai makanan pendamping.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Padahal, kalau memberikan ASI, paling mereka 100 persen harus mencari di MPASI adalah sumber zat besi, sumber zinc, yang dua-duanya ada di protein hewani. Jadi ini yang kita harus terus sosialisasikan ke masyarakat,” katanya dalam diskusi tentang MPASI dalam memperingati Hari Gizi Nasional yang diikuti secara daring di Jakarta, Rabu (24/1/2024).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Ibu dengan TBC Masih Bisa Menyusui, Begini Caranya

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Selain penggunaan pisang dan buah-buahan lainnya, dr Tiwi mengemukakan banyak ibu yang beranggapan bahwa sumber karbohidrat seperti nasi, bubur, dan buah-buahan adalah sama, asalkan bayi tersebut mendapatkan asupan.

Menurutnya, ketidakpahaman para ibu terkait konsumsi protein hewani sebagai MPASI salah satunya diakibatkan oleh kebingungan dalam memahami takaran-takaran protein tertentu yang dibutuhkan oleh bayi sesuai usianya. Untuk itu, strategi khusus diperlukan agar para ibu memberikan MPASI sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

“Tentu saja kalau kita hitung secara kalori itu tidak sama, tetapi mudahnya untuk menaikkan perhatian masyarakat terhadap pentingnya protein hewani mudahnya seperti itu. Di piring itu, bubur atau nasi sama lauknya itu sama rasionya,” papar Tiwi.

Berita Lainnya:
Dokter Ingatkan Jangan Sering Sentuh Struk Belanja, Ternyata Ini Alasannya

“Daripada kita jelaskan 30 gram protein hewani untuk (usia) 6 bulan, 50 gram protein hewani untuk 7 bulan, itu mereka agak sulit. Tetapi yang jelas kita juga bisa melakukan asumsi bahwa protein hewani untuk 6 bulan itu kira-kira sebesar satu telapak tangan bayi, misalnya, yang saya makan itu 15 gram. Nanti dua minggu lagi jadi dua telapak tangan bayi,” jelasnya.

Adapun terkait penggunaan protein hewani dibandingkan dengan protein nabati, dr Tiwi menjelaskan protein hewani merupakan protein yang dibutuhkan oleh bayi, serta lebih mudah dicerna oleh tubuh bayi dibandingkan dengan protein nabati.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi