Rabu, 08/05/2024 - 20:33 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Jangan Keliru, Inilah Waktu Terbaik untuk Olahraga Bagi Pengidap Diabetes

ADVERTISEMENTS

Olahraga (ilustrasi). Pengidap diabetes tipe 2 tak harus melakukan olahraga yang rumit atau berat untuk menurunkan berat badan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Kebiasaan berolahraga dikenal sebagai salah satu faktor gaya hidup yang berperan penting dalam mengontrol kadar gula darah. Ternyata, manfaat ini bisa semakin terasa optimal bila olahraga dilakukan di waktu yang tepat.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Lebih dari 95 persen kasus diabetes di dunia merupakan diabetes tipe 2, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Berbeda dengan diabetes tipe 1 yang merupakan penyakit autoimun, diabetes tipe 2 berkaitan erat dengan faktor gaya hidup.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Seperti diketahui, resistensi insulin merupakan akar masalah dari diabetes tipe 2. Resistensi insulin terjadi ketika sel-sel tubuh tak bisa merespons hormon insulin dengan baik, sehingga menyebabkan kadar gula darah meningkat.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Katarak, Glaukoma, Hingga Gangguan Retina Bisa Terjadi Akibat Diabetes tak Terkontrol

Di sisi lain, olahraga atau aktivitas fisik bisa membuat tubuh menjadi lebih sensitif terhadap insulin. Dengan sensitivitas yang lebih baik, pengelolaan kadar gula darah pada penyandang diabetes tipe 2 bisa menjadi lebih efektif.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Menurut ahli farmasi dari Chemist Click, Abbas Kanani, pengidap diabetes tipe 2 bisa mendapatkan manfaat yang lebih besar bila melakukan olahraga di waktu yang tepat. Waktu olahraga yang direkomendasikan Kanani adalah setelah makan. Menurut Kanani, olahraga yang dilakukan setelah makan bisa membantu menurunkan kadar insulin setelah makan.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Biasanya, makan malam adalah makan terberat bagi kebanyakan orang. Jadi secara teori, olahraga setelah makan malam bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah tetap terkontrol,” jelas Kanani, seperti dilansir Express pada Jumat (16/2/2024).

Berita Lainnya:
Donor Darah Tiga Bulan Sekali Sehatkan Tubuh, Pemula Harus Lakukan Apa Sebelumnya?

Direktur medis dari Thriva, dr Vishal Shah, juga memberikan rekomendasi jenis olahraga untuk pengidap diabetes tipe 2. Menurut dr Shah, pengidap diabetes tipe 2 perlu memprioritaskan latihan angkat beban untuk menurunkan kadar gula darah.

Di sisi lain, studi dalam jurnal Open Diabetes Research & Care menemukan bahwa pengidap diabetes tipe 2 tak harus melakukan olahraga yang rumit atau berat untuk menurunkan berat badan. Aktivitas sederhana seperti menaiki tangga ternyata juga bisa membantu menurunkan kadar gula darah setelah makan.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi