Rabu, 24/07/2024 - 22:57 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Gerhana Bulan Penumbra Diprediksi Terjadi Hari Ini Mulai Pukul 11.50 WIB, Begini Prosesnya

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Gerhana bulan penumbra diprediksi terjadi pada hari ini, Senin (25/3/2024) siang hingga sore hari. Hal yang membuatnya istimewa adalah gerhana bulan penumbra tersebut bisa diamati dari Indonesia. Sebab, tidak semua fenomena langit dapat diamati secara langsung. 

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Indonesia telah menyampaikan waktu untuk setiap fase gerhana bulan penumbra hari ini. Gerhana bulan penumbra bermula pukul 11.50 WIB, dengan puncak gerhana pukul 14.12 WIB, dan berakhir pada 16.34 WIB.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Apa yang dimaksud dengan gerhana bulan penumbra? Sebelum masuk kepada definisi tersebut, perlu diketahui bahwa terdapat tiga jenis gerhana bulan yakni gerhana bulan total, gerhana bulan sebagian, dan gerhana bulan penumbra.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Cara Pemuda Kalbar Selamatkan Bumi dari Ancaman Perubahan Iklim

Dikutip dari laman EarthSky, Senin (25/3/2024), gerhana bulan hanya dapat terjadi pada saat bulan purnama. Peristiwa gerhana bulan merupakan kondisi ketika matahari, bumi, dan bulan ada dalam posisi sejajar, di mana bumi berada di antara matahari dan bulan.  

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Hal itu menyebabkan cahaya matahari terhalangi oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dari dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan ini dapat diprediksi sebelumnya. 

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Ketika bulan melewati bayangan gelap di tengah bumi yang disebut umbra, maka terjadilah gerhana bulan sebagian atau total. Sementara, apabila bulan hanya melewati bagian terluar bayangan atau yang disebut penumbra, maka yang terjadi adalah gerhana penumbra.  

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Tujuan Iklim Dunia di Ujung Tanduk

Akibatnya, saat puncak gerhana bulan penumbra terjadi, bulan purnama akan terlihat lebih redup. Jika diperbandingkan, gerhana bulan penumbra jauh lebih samar dan sulit diamati dibandingkan gerhana bulan total atau gerhana bulan sebagian.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Itu karena tidak ada bagian yang “hilang” dan menggelap di bulan seperti pada gerhana bulan sebagian. Jadi, gerhana tidak berlanjut hingga perubahan yang dramatis. Hanya pengamat yang sangat jeli yang akan melihat bayangan gelap pada permukaan bulan.   

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Menurut pakar gerhana Amerika Serikat Fred Espenak, sekitar 35 persen dari seluruh gerhana bulan yang terjadi adalah gerhana bulan penumbra. Sementara, 30 persen lainnya merupakan gerhana sebagian dan 35 persen kejadian adalah gerhana bulan total.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

قَالَ أَمَّا مَن ظَلَمَ فَسَوْفَ نُعَذِّبُهُ ثُمَّ يُرَدُّ إِلَىٰ رَبِّهِ فَيُعَذِّبُهُ عَذَابًا نُّكْرًا الكهف [87] Listen
He said, "As for one who wrongs, we will punish him. Then he will be returned to his Lord, and He will punish him with a terrible punishment. Al-Kahf ( The Cave ) [87] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi